Header Ads

PPID Kota Batam Studi Banding ke PPID Utama Kepri

 

er 2023
5

Kunjungan PPID Kota Batam ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Provinsi Kepri.Foto: Diskominfo Kepri

Tanjungpinang-DISKOMINFO KEPRI - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Provinsi Kepri menerima kunjungan PPID Kota Batam dalam rangka diskusi dan konsultasi untuk penguatan tata kelola PPID dan layanan informasi publik di Pemerintah Kota Batam. 

Kepala Dinas Kominfo Kepri, Hasan, S.Sos diwakili Sub Koordinator Layanan Informasi Publik, Ummil Khalish menerima langsung kunjungan PPID Kota Batam yang dipimpin Sub Koordinator Persandian Arreza Mulyo Prabowo  dengan membawa 5 orang tenaga admin PPID Kota Batam.

"Kami mengucapkan terima kasih dan menyambut baik kunjungan teman-teman PPID Kota Batam ke PPID Utama Provinsi Kepri. Diskusi dan konsultasi ini menunjukkan keseriusan PPID Pemko Batam untuk terus melalukan pembenahan pada PPID dan pelayanan informasi  bagi masyarakatnya," ucap Ummil.

Rombongan PPID Kota Batam begitu sampai, Kamis (14/12)  langsung diarahkan untuk mengisi buku tamu elektronik yang sudah disediakan di depan pintu masuk. Buku tamu digital ini disiapkan dengan fitur-fitur dan petunjuk yang mudah sehingga siapapun tamu yang datang bisa menggunakannya tanpa harus dipandu. Tamu yang akan mengisi akan diminta mengisi kolom nama, alamat, nomor telpon, tujuan kunjungan, dan ditutup dengan mengklik fitur foto wajah, setelah itu klik simpan. 

Diskusi diawali dengan memperkenalkan ruang kerja PPID Kepri dan sistem kerja yang dilakukan oleh tim PPID Kepri. Sehingga PPID Utama Kepri berhasil meraih anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik kategori Pemerintah Provinsi dengan predikat Informatif selama dua tahun berturut-turut. 

Tidak itu saja, Ummil juga menjelaskan bagaimana Tim PPID Utama sesuai instruksi Gubernur juga melaksanakan monitoring evaluasi (Monev) untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri. 

Pada tahun 2023 ini ada dua OPD yang berhasil meraih predikat Informatif, yakni sebagai peringkat pertama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Kepri. Selebihnya, masuk kategori Cukup Informatif dan Menuju Informatif.

"Sesuai arahan Kadis Kominfo, Pak Hasan, kami terus melakukan kunjungan dan pendampingan, baik pada OPD-OPD dilingkungan Pemprov Kepri, juga kepada Kabupaten Kota se-Kepri. Karena sebagai PPID Utama kami punya kewajiban melakukan pembinaan kepada PPID Kabupaten-Kota," tambahnya. 

Saat ditanya cara kerja Tim PPID Utama Kepri, Arreza Mulyo Prabowo mengungkapkan pujiannya begitu masuk ke kantor PPID Utama Kepri. Arreza dan rombongan juga sempat berdiri sejenak mendengarkan berbagai informasi  layanan yang diputar pada 10 televisi yang ditempel sepanjang ruang utama PPID Utama Kepri. 

"Kami senang sekali bisa berkunjung ke kantor PPID Utama Kepri ini. Terutama melihat layanan informasi yang diputar pada 10 TV itu. Mudah-mudahan nanti PPID kami bisa juga seperti ini," ungkapnya. 

Pada kesempatan tersebut Arreza juga menyampaikan beberapa harapan dari PPID Kota Batam, seperti bimbingan, konsultasi, visitasi dan pendampingan dalam melaksanakan Monev. Baik dalam bentuk tatap muka maupun zoom meeting. 

Selain itu juga mengharapkan agar  PPID Utama Kepri bisa mengaktifkan Forum PPID Kabupaten/Kota sebagai wadah koordinasi dan kerjasama guna pengembangan sumber daya antar anggota/admin PPID dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi.(diskominfokepri)

Diberdayakan oleh Blogger.