Header Ads

Minyak Obat Gosok Produk Anak Bangsa Suku Dayak Kalimantan

 Ampuh Mengobati Beberapa Jenis Penyakit

 

Minyak Obat Gosok Produk Anak Bangsa Dayak Kalimantan

 

 

Sinarkepri.co.id.Batam-Sesungguhnya tanah air kita Indonesia, banyak menyimpan kekayaan alam yang mengandung obat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, belum digali secara maksimal.  Meski demikian, di beberapa daerah Indonesia,  seperti Kalimantan, banyak penduduk yang memanfaatkan jenis tanaman yang tumbuh subur maupun hewani seperti unggas  diolah menjadi obat-obatan. 

 

 


 

 

 

 Nasrul dengan pakaian adak kebesaran suku Dayak memperagakan beberapa keterampilan olah tubuh

 

 

 

Salah satunya, minyak obat produk anak bangsa dari suku Dayak Kalimantan Barat yaitu obat gosok alami yang diolah  dari tumbuhan dan jenis.   Obat gosok ini diberi nama Obat Gosok alami minyak burung walet.  Merupakan ramuan obat tradisional Dayak Kalimantan.


 

Nasrul mempunyai  legalitas sebagai pedagang obat keliling Indonesia dari Ketua Lembaga Adat Kalimantan Timur


Nasrul, suku Dayak Iban yang memproduksi obat gosok ini, kepada media ini Rabu (24/5) malam menjelaskan, bahwa daerahnya banyak menyimpan sumber daya alam.  Di samping minyak dan gas, juga menyimpan bahan untuk pengobatan.  Salah satunya, obat gosyang ok ini yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Di antaranya, asma, asam urat, mag, pegal-pegal dengan jalan mengoleskan ke bagian tubuh yang sakit. 

Di samping memproduksi obat tradisional obat gosok, Nasrul juga mempunyai keterampilan olah tubuh.  Seperti memamsukkan tubuhnya ke tong atau drum kecil yang ukuran drumnya hanya 30 cm.  Hal itu dipraktekkan Nasrul Rabu (24/5) malam di kawasan Pasar Sagulung disamping beberapa keterampilan lainnya.  Spontan masyyarakat yang menyaksikanya, memberikan tepuk tangan gemuruh atas apa yang dilakukan pria dayak kelahiran tahun 1951 tersebut.

 

 


Masyarakat juga banyak membeli obat gosok yang harganya terjangkau, hanya Rp25.000 perbotol yang awalnya dan dijual di daerah lain Rp50.000.   Saat itu juga masyarakat yang membelinya mempraktekkan dengan menggosokkan ke tubuh yang terasa sakit.   Jamilah, salah seorang wanita rumah tangga yang membelinya mengakui, saat diusap ke pinggangnya yang ngilu, hanya dua menit saja, ngilu dan pegal hilang. "ampuh pak obat gosoknya", ucap Jamiah.

Hal senada diakui oleh Sunarto,  pekerja galangan kapal di Tanjung uncang yang membelinya dua botol.  Ia mengakui, bahwa setelah mengusapkan obat gosok itu ke tengkuknya yang sudah lama pegal, hanya sekitar satu menit saja, langsung hilang pegalnya.  Awak media ini juga mengusapkan ke kedua kaki yang gatal akibat keringat buntat, tak hanya dua menit, gatalnya langsung hilang.  (am/suardi pasaribu)

Diberdayakan oleh Blogger.