Header Ads

Jalan Menuju Pemakaman Tidak Luput Perhatian Cen Sui Lan Bulan Ramadhan ini Tuntas Dikerjakan


KARIMUN– Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, mengalokasikan dana aspirasi untuk pengaspalan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Provinsi Kepri pada tahun anggaran 2023 ini.

Cuma dua bulan pengerjaan, lewat aspirasi dan diskresi Cen Sui Lan, pengaspalan jalan menuju pemakaman senilai Rp1,7 miliar akan rampung April 2023 ini.

“Pembangunan dan pengaspalan jalan menuju pemakaman tionghoa di Desa Sawang Selatan ini bertujuan agar akses ziarah kubur atau Cheng Beng bagi warga tiongho pada tahun 2023 ini, bisa berjalan lancar. Sehingga kegiatan prosesi tahunan etnis Tionghoa ini meningkatkan traffic (lalu lintas) warga yang pulang melaksanakan Cheng Beng,” kata Cen Sui Lan kepada media, Sabtu (1/4/2023) sore.

Cen Sui Lan dikenal sebagai sosok rendah hati dan ramah yang banyak membuat perubahan bagi masyarakat. Ia bahkan dijuluki sebagai “Membuat Banyak Banyak Berbuat tidak memandang latar belakang seseorang, suku dan budaya.” oleh media lokal.

Ia sangat disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari ibu-ibu hingga para generasi muda millenial. Cen yang juga dikenal sebagai Ibu Aisyah ini memperlakukan semua agama dengan sama, meskipun ia sendiri adalah seorang muslimah.

Cen Sui Lan yang juga Dewan Kehormatan PSMTI Prov Kepri ini menjelaskan, aspirasi pembangunan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan ini merupakan usulan dari tokoh Masyarakat Kepri, Datok Amat Tantoso pada tahun 2022 lalu.

Warga etnis Tionghoa meminta agar pembangunan jalan menuju pemakaman leluhur tionghoa itu, dimasukan pada Program KOTAKU.

“Tapi karena program itu sekarang menjadi KOTAKU Kawasan, makanya tidak bisa dimasukan. Tapi untuk mengakomodir aspirasi itu, akhirnya pada Februari 2023 lalu, saya menggunakan diskresi bersama Menteri PUPR,” jelas Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan sampaikan dalam Raker dengan Pak Basuki Menteri PUPR, ini penting prioritas untuk pengembangan infrastruktur berbasis kebudayaan dan dapat juga meningkatkan perekonomian.

“Dan kemudian diikuti dengan surat resmi saya sebagai Anggota DPR RI, maka langsung Dirjen Bina Marga merencanakan jalan tersebut. Alhamdulillah jalan tersebut sudah 90 persen siap, dengan anggaran Rp1,7 miliar,” sambung Penasehat IKA Lemhannas Provinsi Kepri tersebut.

Datok Amat Tantoso tokoh masyarakat Kepri yang juga Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Valas Asing (APVA) Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan yang sangat peduli kemajuan Kepri.

“Ini bukti nyata program beliau untuk masyarakat. Akses jalan langsung selesai dalam 2 bulan, ini luar biasa,” ungkap Datok Amat Tantoso yang juga ikut ziarah Cheng Beng ke pemakaman Sawang Selatan itu.

Jalan menuju pemakaman Tionghoa ini dikerjakan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Stanley selaku Kepala BPJN Kepri dalam laporannya kepada Cen Sui Lan menjelaskan, pembangunan jalan ini diselesaikan 100 persen pada awal April 2023 ini. “Jalan dibangun dengan aspal hotmix ketebalan 15 sentimeter,” sebutnya. (blog.censuilan.com)

Diberdayakan oleh Blogger.