Header Ads

BP Batam Dorong Badan Usaha Untuk Tetap Kompetitif

 

 
Batam-Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar kegiatan sosialisasi transformasi dan strategi pengelolaan Badan Usaha di Hotel Santika Batam pada Jumat, (17/3/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan masing-masing unit kerja Badan Usaha di lingkungan BP Batam dengan tujuan agar setiap Badan Usaha semakin kompetitif dengan pengelolaan yang lebih baik.

Direktur Restrukturisasi BP Batam Hadjad Widagdo menyampaikan pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk menghadirkan kenyamanan dunia usaha di Batam.

Pembenahan di banyak sektor juga telah dilakukan, mulai dari peningkatan infrastruktur, hingga ke perbaikan sistem layanan.

“Untuk siap berkompetisi, tentunya hal-hal yang kurang baik akan diperbaiki, yang sudah baik bisa kita tingkatkan lagi,” ujar Hadjad.

Lebih lanjut ia menyampaikan, salah satu strategi andalan Badan Usaha adalah eskalasi unsur manusia yaitu “The Power of We”.

“Bukan dari laporan keuangan saja, tetapi kami terus berinovasi melalui aspek manusia atau SDM, yang dinilai mampu memberikan satu perubahan signifikan dan berdaya saing”, kata Hadjad.

Hal itu sejalan dengan program Kepala BP Batam Muhammad Rudi, untuk memajukan kualitas SDM yang memberikan nilai tambah pada badan usaha di BP Batam dan mampu bersaing di pasar global.

“Ini semua dilakukan untuk memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Batam. Untuk itu, kita butuh strategi bisnis yang baik,” jelas Hadjad.

Senada, Pakar di Bidang Restrukturisasi dan Transformasi, Sabam Hutajulu selaku narasumber kegiatan menekankan pentingnya proses perencanaan strategi bisnis.

Menurutnya, penting bagi sebuah unit bisnis memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kebijakan yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi.

”Dan perlu diingat, kunci sukses Badan Usaha juga ditentukan oleh sinergi antara kolaborasi dan koordinasi dalam membangun strategi yang berkelanjutan.” pungkasnya.

Dari pertemuan ini, Sabam berharap baik pejabat maupun staf Badan Usaha BP Batam dapat memperoleh wawasan dalam menyiapkan strategi jangka panjang yang lebih baik lagi.

Diketahui saat ini BP Batam memiliki sejumlah unit bisnis meliputi Badan Usaha Pelabuhan, Badan Usaha Bandar Udara, Badan Usaha Rumah Sakit, Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum, serta Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan. (Biro hms bpbatam)

Diberdayakan oleh Blogger.