Header Ads

Peran Aktif Forum Anak Kota Batam Sosialisasi dan Fasilitasi Pembuatan KIA

Batam – Forum Anak Kota Batam bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Batam mensosialisasikan dan memberikan edukasi tentang manfaat Kartu Identitas Anak (KIA) kepada warga termasuk anak-anak di RW 026 Perum Buana Vista Indah, Kelurahan Belian, Rabu, (23/2/2023) malam.

Perwakilan Anggota Forum Anak Kota Batam, Lutfhy mengatakan forum anak berperan memperjuangkan hak-hak anak khususnya di Kota Batam. Salah satu bentuk perjuangan yang sudah dilaksanakan adalah membantu anak-anak di lingkungan RW 026 agar memiliki KIA.

“Sosialisasi ini kami lakukan agar hak anak dapat terpenuhi salah satunya pemenuhan hak sipil bagi setiap anak, seperti KIA,” katanya.

Ia juga menyampaikan ini adalah pengalaman pertama sebagai anak yang tergabung dalam pengurus forum anak Kota Batam melakukan sosialisasi hak-hak anak.

Adapun hak anak yang diatur, yakni hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan, dan partisipasi.

“Semoga keberadaan kami mampu menjadi Pelopor dan Pelapor (2P) serta dapat memberikan manfaat untuk anak-anak lain, kami sangat senang karena niat kami di sambut positif oleh warga khususnya bapak ketua RW 026 beserta pengurusnya,” ucapnya.

Selain itu, Dinas P3APPKB melalui Kabid Pemenuhan Hak Anak yang turut hadir dalam penyerahan berkas KIA dengan Ketua RW 026 mengatakan bahwa forum anak memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan. Melalui Forum Anak ini anak-anak dapat belajar berorganisasi, mampu meyuarakan hak-haknya dan turut serta dalam pembangunan.

Keberadaan Forum Anak merupakan salah satu indikator KLA, menyediakan layanan integrative pemenuhan hak anak yang berperan dalam pemenuhan hak anak sebagai aspirator dari klaster 1,2,3,4 dan 5 dalam Pelopor dan Pelapor (2P).

“Ini sesuai dengan komitmen Pemko Batam dalam mewujudkan Batam sebagai KLA terus dioptimalkan salah satu indikatornya adalah terfasilitasinya wadah partisipasi anak di daerah,” tuturnya.

Ketua RW 026 Perumahan Buana Vista Indah menyampaikan apresiasi yang dilakukan Forum Anak dalam keterlibatan dalam memperjuangkan hak anak. “Terima kasih Forum Anak sudah membantu warga kami dalam memfasilitasi pembuatan KIA,” katanya. (mcb)

Diberdayakan oleh Blogger.