Header Ads

Sempat Terbengkalai, Cen Sui Lan Bakal Selesaikan Pembangunan Pelabuhan Tanjung Moco

Sempat Terbengkalai, Cen Sui Lan Bakal Selesaikan Pembangunan Pelabuhan Tanjung Moco

TANJUNGPINANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia DPR RI Asal Kepri, Cen Sui Lan bakal segera menyelesaikan pembangunan pelabuhan FTZ Tanjung Moco, Kota Tanjungpinang, pada tahun 2023 mendatang. Termasuk pembangunan pelabuhan Dompak. Penyelesaian pembangunan dua pelabuhan ini, sama artinya menyelamatkan uang negara Rp250 miliar.

Hal tersebut disampaikan Politisi Partai Golkar ini saat melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) untuk melakukan pengawasan ke pelabuhan Tanjung Moco, Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Minggu (4/12/2022) siang. Kundapil ini guna melihat langsung kondisi riil pelabuhan yang dibangun sejak tahun 2009 tersebut. Tapi, kondisinya masih belum bisa difungsikan. Padahal, sudah menghabiskan Rp120 millar.

Saat peninjauan pelabuhan Tanjung Moco, Cen Sui Lan didampingi Kol (Mar) Benyamin Ginting selaku Kepala KSOP Tanjungpinang Ditjen Hubla KemenHub RI dan stafnya. Serta mengikutsertakan ahli ahli DPR RI Victor Angsono, Herdyanto dan Agustar.

Cen Sui Lan bersama Kol (Mar) Benyamin Ginting meninjau bagian darat kawasan pelabuhan Tanjung Moco, dan jalan pelabuhan (pelantar) menuju laut sepanjang 600 meter. Di jalan pelabuhan ini, Cen Sui Lan sempat memancing ikan bersama masyarakat di pelabuhan Tanjung Moco yang mangkrak atau belum selesai dibangun, sejak 2009 tersebut. Pembangunan pelabuhan Tanjung Moco sepanjang 600 meter itu sudah menghabiskan anggaran Rp120 miliar.

Tahun anggaran 2023, Cen Sui Lan menginginkan, pelabuhan FTZ Tanjung Moco Tanjungpinang ini diselesaikan. Sehingga bisa difungsikan sebagai pelabuhan bongkar muat. Justru itu, di sela meninjau kawasan pelabuhan Tanjung Moco, Cen Sui Lan langsung berkoordinasi dengan Arief Thoha Dirjen Hubla dan Novie Riyanto Sekjen Kemenhub RI.

Saya memastikan, penyelesaian pembangunan pelabuhan Tanjung Moco, pada tahun anggaran 2023 dianggarkan Rp15 miliar. Biar bisa berfungsi, dengan menuntaskan pembangunan infrastruktur di sisi daratnya,” tegas Cen Sui Lan, usai berkoordinasi dengan Arief Thoha Dirjen Hubla dan Novie Riyanto Sekjen Kemenhub RI.

“Kami bertiga, saya dan Pak Arief Thoha dan Pak Novie Riyanto sepakat menyelesaikan pelabuhan Tanjung Moco ini, pada tahun anggaran 2023,” sambung Cen Sui Lan, Penasehat IKA Lemhannas Prov Kepri itu.  Nanti di pergeseranm kita tuntaskan pelabuhan Moco dan juga pelabuhan Dompak,” kata Cen Sui Lan yang juga menjabat sebagai Dewan Kehormatan PSMTI Kepri ini.

Cen Sui Lan menjelaskan, pelabuhan Tanjung Moco dan pelabuhan Dompak di Tanjungpinang, Provinsi Kepri ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Serta dapat meningkatkan tkesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Tanjungpinang dan Kepri umumnya.

Menurut Cen Sui Lan, penyelesaian 2 pelabuhan ini juga dapat menyelamatkan uang negara yang sudah dianggarkan ratusan miliar.

“Kan sayang sekali, dua pelabuhan ini belum difungsikan. Padahal, pembangunan pelabuhan Tanjung Moco sudah menghabiskan anggaran Rp120 miliar, dan pelabuhan Dompak Rp130 miliar. Kalau diselesaikan, bisa memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Kepri,” ujar Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan ingin menyelesaikan pembangunan pelabuhan Tanjung Moco dan pelabuhan Dompak di Tanjungpinang, agar bisa bermanfaat dan memberikan dampak dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Terutama di Kota Tanjungpinang. Sebab, aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan FTZ Sei Kolak Kijang, Bintan Timur yang over load, bisa dialihkan ke pelabuhan Tanjung Moco ini.

“Tak kalah pentingnya, kalau kita selesaikan pembangunan pelabuhan Tanjung Moco dan pelabuhan Dompak ini, sama saja kita menyelamatkan uang negara Rp250 miliar yang sudah dialokasikan sebelumnya. Saya harapkan ada support juga dari pemerintah kota dan provinsi,” ujar Cen Sui Lan. (blog.censuilan.com/metrobatam.com)

Diberdayakan oleh Blogger.