LINGGA- Sudah empat bulan  Isam (38) warga Desa Medang, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga mengalami penyakit kulit langka disekujur tubuhnya luka-luka.  Dengan kondisi yang ia derita saat ini, bapak 2 anak ini tidak lagi dapat bekerja. Mirisnya untuk pengobatan saja dia tidak mampu apalagi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Dan saat ini dirinya hanya membutuhkan uluran tangan para dermawan yang dapat mengikhlaskan untuk membantu ia dalam pengobatan.  Kades Pulau Medang, Arbain mengatakan bahwa pihak desa sudah berusaha membantu semaksimal mungkin terkait kondisi Isam saat ini.

“Kita sudah berusaha semaksimal mungkin membantu pak Isam, beliau orang baik, seperti membantu transportasi beliau berobat ke provinsi beberapa waktu yang lalu," kata Arbain, Kamis (20/10/2022)

 


 Sui Hok yang kerap membantu masyarakat Lingga yang tidak mampu (foto/net)

Bukan hanya dari desa bahkan Camat Katang Bidare dan Kapolres Lingga secara pribadi juga ikut membantu meringankan beban Isam.  "Namun itu saja memang tak cukup untuk membantu pak Isam sepenuhnya, oleh sebab itu kita berharap bantuan juga dari para dermawan terkait kondisi kesehatan pak Isam saat ini,” ucapnya

Senada disampaikan Kepala Dusun I Desa Pulau Medang, Sarnan, bahwa kondisi Isam memang sangat memprihatinkan.  "Yang betul-betul parah yaitu sejak 4 bulan terakhir ini sehingga beliau tak mampu beraktivitas normal seperti biasa lagi. Ditambah lagi pak Isam sendiri memiliki 2 orang anak yang masih kecil. Kita berharap bantuan dari berbagai pihak untuk kesembuhan pak Isam warga kami ini,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Pulau Medang Awang Sukowati sangat prihatin atas apa yang dialami Isam hingga 4 bulan tak tertangani serius. Awang mempertanyakan kinerja Dinas Sosial kabupaten Lingga yang tidak cepat tanggap atas penderitaan masyarakat, terutama yang dialami Isam. Kepada media ini Kamis (20/10) di Tanjungpinang, Awang Sukowati juga sebagai tokoh pemuda dan Ketua Dewan Pemuda Melayu ini berharap, kiranya secepatnya pemerintah untuk membawanya berobat ke Rumah Sakit pemerintah Provinsi Tanjungpinang.

 


                       Awang Sukowati , tokoh masyarakat Desa Pulau Medang Lingga

Awang juga menyoroti kurangnya perhatian anggota dewan yang berasal dari dapil Kecamatan Katang Bedare. Dikatakan, jangan saat dekat Pemilu datang, tetapi jika ada masyarakat yang membutuhkan untuk perobatan, tak ada yang nongol.  Dijelaskan, selama ini anggota dewan yang sering membantu masyarakat adalah Sui Hok, kendati bukan dari dapil tersebut, tetapi Sui Hok konsisten membantu masyaraakat yang membutuhkan.  Beberapa nama yang dicatatnya dari dapil Ketang Bedari, belum ada seorang-pun yang mengulurkan bantuan kepada penderitaan Isam diatas. (rri.cp.id/red)