Header Ads

Rp 40 Miliar Dana Aspirasi Cen Sui Lan Dialokasikan untuk Rehab Ribuan Rumah di Kepri

Batam-Anggota DPR RI Dapil Kepulauan Riau, Cen Sui Lan, mengungkapkan bahwa dana aspirasinya senilai Rp 40 miliar bakal dialokasikan untuk program Bedah Rumah (Rehabilitasi) warga di Kepri. Cen menyebutkan, program ini ditarget teralisasi pada tahun 2023 mendatang dengan jumlah penerima sekitar 2.000 rumah dari keluarga yang kurang mampu.

“Dana itu berasal dari dana aspirasi saya untuk masyarakat kurang mampu di Kepri. Kita realisasikan pada tahun anggaran 2023 nanti,” ujar Cen Sui Lan di sela memberikan pengarahan dan tatap muka dengan warga Calon Penerima Bantuan (CPB) di Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Tiban, Kota Batam pada Sabtu (8/10) lalu.

Pada kesempatan sosialisasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tersebut, Cen Sui Lan menyebutkan, sekitar 1.000 unit rumah penerima bantuan bedah rumah ini dialokasikan di Kota Batam. Karena berdasarkan konfigurasi jumlah penduduk Kepri, 58 persen berada di Kota Batam. Dan kelompok penerima manfaat dari program ini juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kepri.

Adapun syarat-syarat bagi warga yang bakal menerima bantuan tersebut di antaranya, syarat fisik tentang kondisi atap lantai dan dinding (aladin). Apabila 2 dari 3 syarat fisik itu ada, maka rumah tersebut mendapat bantuan Rp 20 juta. Dengan rincian Rp 17,5 juta untuk bahan bangunan, dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

Selain itu, persyaratan fisik juga ada persyaratan administrasi berupa KTP, KK dan surat legal tanah. Sosialisasi program bedah rumah ini dihadiri Ketua RW dan Ketua ketua RT di Tiban Lama serta Tenaga Ahli DPR RI Herdiyanto, Teddy Martus dan Agustar. Turut hadir koordinator Kota Batam untuk program Bedah Rumah dari Cen Sui Lan. Yiatu Irwansyah dan Relawan Cen Sui Lan. Serta Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) program BSPS SNVT Kepri BP2P Wilayah Sumatera III Kepri-Riau-Sumbar Ditjen Perumahan Kemnterian PUPR.(blog.censuilan.com)

Diberdayakan oleh Blogger.