Header Ads

Peduli Dapil, Cen Sui Lan Renovasi 2.000 Rumah se-Kepri

 

BATAM (Kepri.co.id) – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), membedah (renovasi) 2.000 unit rumah se-Kepri.

Untuk menjalankan ambisi Cen Sui Lan ini, menghabiskan dana Rp40 miliar tahun anggaran 2023 dari dana aspirasinya. “Nanti satu rumah dialokasikan Rp20 juta x 2.000 unit = Rp40 miliar. Dengan rincian Rp17,5 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta upah tukang,” ujar Cen Sui Lan, saat sosialisasi bedah rumah di Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Tiban, Kota Batam, Sabtu (8/10/2022).

Dari 2.000 unit rumah tersebut, kata Cen Sui Lan, berdasarkan jumlah penduduk maka tim Cen Sui Lan memprioritaskan sebanyak 1.000 atau separo didadakan di Batam. “Wajarlah, karena jumlah penduduk
di Kepri sebanyak 58 persen ada di Batam. Rumah yang mau dibedah (direnovasi) harus memenuhi persyaratan,” terang Cen Sui Lan.

Acara sosialisasi ini memberikan penjelasan syarat-syarat menerima bantuan. Syarat fisik berupa atap, lantai, dan dinding (aladin) rumah.“Apabila 2 dari 3 syarat fisik itu memenuhi kriteria, maka rumah tersebut mendapat bantuan renovasi Rp20 juta dengan rincian Rp17,5 juta material dan Rp2,5 juta upah tukang,” jelas Cen Sui Lan.

Selain persyaratan fisik, juga ada persyaratan administrasi berupa kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan surat legal tanah. Acara sosialisasi ini dihadiri Ketua RW dan Ketua-Ketua RT di Tiban Lama. Hadir juga Tenaga Ahli DPR RI Herdiyanto, Teddy Martus, dan Agustar.

Kemudian Koordinator Kota Batam untuk Program Bedah Rumah Cen Sui Lan, Irwansyah, Relawan Cen Sui Lan serta tenaga fasilitator lapangan (TFL) Program BSPS SNVT Kepri BP2P Wilayah Sumatera III Kepri Riau Sumbar Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (blog.censuilan.com/rep1)

Diberdayakan oleh Blogger.