Header Ads

i Program Customs Visit Customers, Fasilitas Bea Cukai Batam Dukung Kemajuan Bisnis UMKM

 Albar Ajie P.

Batam (04/07) – Dalam upaya mendorong perekonomian dan kemajuan bisnis para pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Bea Cukai Batam lakukan kegiatan Customs Visit Customers (CVC) kepada UMKM Iluh Craft yang dilakukan pada Senin (04/07) dengan mengunjungi langsung ke rumah produksi yang bertempat di Komplek Perumahan Tiban Indah.

Iluh Craft merupakan salah satu UMKM yang bergerak pada kerajinan tangan rajutan yang telah berdiri sejak tahun 2017 yang dipelopori oleh Iluh Eka Lindawati. Berlatar belakang sebagai ibu rumah tangga yang mengisi waktu luang dengan merajut, Iluh kemudian menekuni keahlian tersebut hingga akhirnya dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis.

Barang-barang yang dihasilkan antara lain : yaitu topi, tas, sepatu, baju serta pernak pernik dari rajutan lainnya. Penjualan produknya juga telah sampai ke pasar mancanegara seperti Singapura.

“Awalnya saya hanya hobi, kemudian banyak yang tertarik dengan produk yang saya buat. Dari hal itu saya kemudian mulai menekuni dan mengajak para ibu-ibu sekitar untuk dapat menghasilkan produk yang bernilai jual,” ujar Iluh saat ditemui dengan Bea Cukai Batam.

Iluh juga menyampaikan bahwa hingga sampai sekarang ia telah mengikuti banyak pelatihan pelatihan dan juga pameran yang dilakukan oleh pemerintah melalui dinas terkait. Tentunya hal tersebut mampu meningkatkan kemampuan dan mengenalkan produk rajutnya ke berbagai kalangan.

Saat melakukan kegiatan ini, rombongan yang dipimpin oleh Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan, Sabaruddin Rahmat Pasaribu selain memberikan pemahaman kepabeanan terkait pemasukan dan pengeluaran barang serta mendengarkan permasalahan yang ada, juga berkesempatan untuk belajar merajut secara langsung.

“Kedatangan kami ke Iluh Craft ini untuk memberikan asistensi pemahaman aturan kepabeanan terkait ekspor dan pemasukan barang ke Batam dan juga bantuan untuk lebih mengenalkan produk Iluh Craft melalui media sosial yang kami miliki,” ucap Sabaruddin.

Bea Cukai Batam terus berkomitmen dalam mendukung keberhasilan UMKM agar mampu mengembangkan usaha dan melebarkan penjulan produk hingga pasar mancanegara. Kegiatan Customs Visit Customers ini merupakan salah satu bentuk kegiatan rutin yang dilakukan Bea Cukai Batam untuk lebih dekat dengan para pelaku usaha. Sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi kepada UMKM terkait dengan prosedur pemasukan barang dan ekspor barang. (warta bea cukai/ Albar Ajie P.)

Diberdayakan oleh Blogger.