Header Ads

Persiapan PON Papua,

Vaksinasi Covid-19 di Merauke dan Kota Jayapura Capai 50 Persen 

(Biro Komunikasi PUPR)

Jayapura-Dinas kesehatan Provinsi Papua mengeklaim cakupan vaksinasi di Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura telah mencapai 50 persen dari jumlah sasaran. Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura merupakan dua dari empat klaster penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 20Kompleks Stadion Papua Bangkit.

 Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aaron Rumainum mengatakan, data tersebut diambil pada Jumat (3/9/2021). "Cakupan vaksinasi di Kabupaten Merauke sudah mencapai 53,9 persen, sedangkan di Kota Jayapura sudah 50,8 persen," kata Aaron di Jayapura, seperti dikutip Antara, Minggu (5/9/2021). Menurut Aaron, dua klaster penyelenggara PON lainnya, yaitu Kabupaten Jayapura baru mencapai 47,8 persen dan Kabupaten Mimika 49,9 persen.

 Sedangkan Kabupaten Keerom sebagai daerah penyangga PON baru mencapai 33,5 persen dari total target vaksinasi Covid-19. "Untuk mencapai herd immunity hingga akhir September di empat klaster tersebut, diperlukan kecepatan suntikan per hari selama satu bulan," ujarnya. Aaron memerinci, butuh penyuntikan 5.202 dosis vaksin Covid-19 per hari untuk mencapai kekebalan kelompok di Jayapura dalam satu bulan. 

Sedangkan di Merauke butuh 2.575 dosis per hari, Kabupaten Jayapura 2.121 dosis, 3.962 dosis di Mimika, dan 1.039 dosis di Keerom. "Sedangkan kabupaten lainnya di Papua, selain Keerom, ada pula dua daerah yang cakupan vaksinasi berada di angka 31 hingga 40 persen, meliputi Biak Numfor dan Boven Digoel," jelas Aaron. 

Aaron menyebutka, vaksibasi covid-19 di Kabupaten Nabire, Mappi, dan Sarmi, baru mencapai 31-30 persen dari total target sasaran. "Cakupan vaksinasi terendah berada di empat daerah yakni Kabupaten Mamberamo Raya, Jayawijaya, Waropen, dan Pegunungan Bintang yakni berada di bawah 10 persen, sedangkan Kabupaten Asmat, Kepulauan Yapen, dan Supiori berada di angka 11 hingga 20 persen," kata Aaron. (Kompas,com)

Diberdayakan oleh Blogger.