Header Ads

Pertarungan Caleg Dapil 4 Sagulung Memperebutkan 9 Kursi ke DPRD Batam, Saptono SH Caleg Hanura Salah Satunya Berpeluang Besar

Caleg Saptono SH dari Partai Hanura Dapil 4 Sagulung nomor urut 2
sinarkepri.co.id.Batam-Pemilihan umum 2019 baik pemilihan legislatif  untuk Kota/Kabupaten, Provinsi,    DPR, DPD hingga ke pemilihan Presiden/wakil presiden, tinggal menghitung hari.  Gaung Pemilu semakin kencang akhir-akhir ini yang umumnya harus diakui dominan membicarakan siapa yang akan memenangkan pemilihan presiden diantara pasangan Pilpres Jokowi-Ma"kruf dan Prabowo-Sandi.
       Namun sebenarnya, pemilihan legislatif mulai dari DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota maupun DPD RI tak kalah serunya.  Khusus untuk memperebutkan 9 kursi dari daerah pemilihan 4 Kecamatan Sagulung ke DPRD Batam persaingan sangat ketat.   Ratusan caleg dari 16 partai, telah mempersiapkan diri melalaui sosialisasi dengan terjun langsung ke masyarakat maupun melalui tim suksesnya. .
   
Saptono SH dalam suatu acara LPM Kepri
Jatah kursi 9 dapil 4 Sagulung, cukup signifikan disesuaikan dengan jumlah penduduknya.  Di dapil 4 Sagulung,  sejumlah petahana tentu tidak ingin kehilangan kursi yang telah direbutnya pada Pemilu 2019.  Petahana seperti Dandis Rajagukguk ST dari PDIP  disamping menghadapi saingan dari partai lain,  juga dari partainya sendiri.   Demikiian juga petahana lainnya,  seperti  Nono Siswono dari PAN, Amintas Tambunan dari NasDem,  Djoko Muliyono SH dari partai Golkar maupun lima petahana lainnya,  akan berjuang keras untuk tetap bisa menduduki kursi DPRD Batam
        Nama-nama caleg yang muncul dari Dapil 4 Sagulung untuk Pemilu 2019 tentu juga sudah
Saptono bersama komunitas lainnya
mempersiapkan diri dengan matang dan tak bisa dianggap enteng.  Apalagi,  dari sejumlah nama-nama caleg tersebut mempunyai latar belakang yang cukup memadai.   Sebut saja  misalnya Saptono SH caleg partai Hanura nomor urut 2 dari dapil 4 Sagulung.   Caleg kelahiran  tahun 1982 itu, sudah dikenal luas masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Sagulung.   Kiprah atau perannya di berbagai  organisasi yang digelutinya  selama ini,  diakui sejumlah elemen masyarakat.    

         Ia bisa membaur dengan semua lapisan masyarakat,  jauh sebelum Pemilu.    Abdul Muis, salah seorang
Abdul Muis Tokoh masyarakat Banjar di Batam
tokoh masyarakat Banjar  di Batam mengakui hal tersebut.    Abdul Muis menjelaskan, sosok Saptono
Saptono dengan komunitas masyarakat Tapanuli
merupakan refsentativ generasi muda kreatif yang sarat dan berpengalaman di berbagai organisasi pantas didukung untuk menjadi DPRD Batam.  Dijelaskannya,  Saptono  mudah beradaptasi dengan siapa saja yang ditemui dan kerap menwarkan solusi, jika ada permasalahan.
 Hal itu memang dilakukan Saptono, kata Abdul Muis melihat latar belakangnya di berbagai organisasi kemasyarakatan. Saat ini, Saptono duduk sebagai pengurus di LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Provinsi Kepri dengan jabatan Sekretaris. Pengalamannya  di berbagai organisasi cukup mumpuni sehingga nantinya jika duduk sebagai anggota DPRD Batam akan
Saptono  Napak Tilas mengenang Presiden pertama  Ir Soekarno
mampu  memperjuangkan kepentingan masyarakat banyak.  Sejumlah organisasi yang pernah digelutinya antara lain, Ketua DKC Kwarcab di tanah kelahiranya Banjarnegara.  Ketua Rw 05 Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Ketua Masjid Annur Kavling Bukit Melati Sei Pelunggut 2014-2017, Ketua LPM Kelurahan Sei Pelunggut 2014-2017, Sekretaris DPD LPM Provinsi Kepri 2018-sekarang.  DPD LBH LPM Provinsi Kepri.
       
saat melakukan kegiatan di Barelang
Lebih menarik dan spesifik dari salah satu kalimat di kartu namanya,  ada tertulis filosofi batak, yaitu : 

     Jonok Partubu, Unjonokan Parhutdul"   Yang artinya kira-kira  walau dekat dengan golongannya  (yang dalam bahasa batak disebut satu marganya) namun lebih dekat kepada lingkungan dimana ia berada.
Umroh ke Tanah Suci bersama Isteri tercinta


    Hal itu bermakna,  sosok Saptono dikenal  ia bisa bergaul akrab dengan semua lintas suku dan golongan tanpa membeda-bedakan asal usulnya.  Sehingga kepada siapa saja, ia bisa diterima.
bersama dengan anak-anaknya dan isteri
  Hal senada diakui  G Nainggolan,  warga kavling mandiri dapur 12 yang menyebut, Saptono memang dikenal yang suka membaur dengan siapa saja, tanpa memandang suku dan adama.  Karenanya,  Nainggolan optimis, Saptono nantinya salah seorang dari 9 caleg dapil Sagulung yang akan duduk di DPRD Batam.
      Kerap dan bisa beradaptasi dengan elemen masyarakat manapun, menurut Nainggolan yang membuat sosok Saptono dapat diterima
 elemen masyarakat yang mengenalnya seraya meyakini, bahwa nantinya jika duduk di  DPRD Batam untuk mengabdi kepada kepentingan rakyat banyak, khususnya  masyarakat kecamatan Sagulung yang diwakilinya. (red)
Diberdayakan oleh Blogger.