Header Ads

Kecamatan Katang Bidare Rapat Penyusunan APB Desa 2019

sinarkepri.co.id.Lingga. Sejak diresmikan menjadi kecamatan sendiri pada akhir tahun 2018 lalu, Kecamatan Katang Bidare mulai mempersiapkan administrasi dengan menggelar kegiatan sosialisasi penyusunan APBDes 2019 bersama lima desa. Dalam sambutannya Camat Katang Bidare, Saparuddin mengatakan untuk penyusunan penganggaran perdana ini, diharapkan bisa bermanfaat dan bersentuhan langsung kepada masyarakat.
       Pasalnya Saparuddin tidak mau anggaran yang sudah ada nantinya tidak berfaedah bagi masyarakat. "Hendakannya di dalam penyusunan nanti benar-benar dianggarkan sesuai kebutuhan dan bermanfaat bagi masyarakat. Jangan menganggarkan asal asalan, karena kita tidak mau kedepanya banyak hal-hal yang tidak bermanfaat, lebih baik banyak kepada pemberdayaan," kata Sapar sapaan akrab Camat yang selalu berpenampilan Casual itu, Senin (7/1). Lanjut dia, melihat peningkatan yang sangat signifikan oleh desa-desa dalam penggunaan anggaran dana desa (ADD) di 2018 lalu dalam pembangunan,
     Sapar pun berpesan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lingga untuk memberikan pengarahan kepada kades dan BPD agar dalam penganggaran jangan ada lagi konflik. "Karena sudah beberapa tahun ini pembangunan dengan anggaran desa sudah terlihat, kami berpesan ke pada DPMD untuk memberi pengarahan kepada kades dan BPD di dalam penganggaran jangan berkonflik," ucapnya.
    Sementara itu, Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Lingga, Sutarman SE yang hadir dalam rapat itu mengatakan untuk penyusunan APBDes 2019 perlu namanya pensingkronisasi dalam program proritas Kabupaten Lingga dan meningkatkan program kegiatan pengembangan kelembagaan serta pemberdayaan kemasyarakatan dalam mendukung percepatan pembangunan di desa. "Dalam penyusunan APBDes 2019 dapat mensingkron dengan empat kegiatan proritas Kabupaten Lingga dan meningkatkan program kegiatan pengembangan kelembagaan, kemudian pemberdayaan kemasyarakatan untuk meningkat perekonomian masyarakat, dan mengingatkan kembali kerja sama partisipasi pemerintah, desa,  BPD dan kelembagaan desa untuk upaya percepatan pembangunan di desa," jelasnya.
       Diketahui, yang hadir dalam kegiatan sosialisasi penyusunan anggaran pendapatan belanja desa tahun 2019 di Kecamatan Katang Bidare, Kabid PMD Sutarman, Staf Faisal, BPD serta pendamping desa. Ketua BPD mengharapkan / menghimbau supaya anggaran-anggaran harus jelas kepada masyarakat. Jangan seenaknya Kepala Desa membuat peraturan sendiri. (Awang Sukowati)
Diberdayakan oleh Blogger.