Header Ads

Perayaan Natal di Batam Berjalan Aman, Tertib, Penuh dengan Sukacita

Pdt Junus  Situmorang STh menyampaikan pesan natal


sinarkepri.co.id.Batam-Perayaan ibadah malam natal Senin (24/12) di Kota Batam, khususnya di sejumlah gereja kecamatan Sagulung berlangsung aman dan lancar.  Kendati dipenuhi ratusan jemaat bahkan ada yang melebihi kapasitas gereja, semuanya berjalan aman dan tertib.  Beberapa orang petugas keamanan dari aparat kepolisian siap siaga,  terutama untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.   Pantauan media ini di sejumlah gereja, seperti GBI simpang Marlegot Kapling lama Sagulung, jemaat sudah ada yang datang sejak pukul 17.30, sementara ibadah natal baru akan dimulai pukul 19.00.  Demikian juga di GBKP (Gereja Batak Karo protestan),  GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Jemaat Khusus Batu Aji, GPdI,  GPI, HKI (Huria Kristen Indonesia),  GPPS (Gereja Pentakosta Pusat Surabaya)  semuanya berdekatan, penuh sesak dengan kehadiran jemaat.
       Demikian juga di dua gereja HKBP, jemaat membludak hingga ke tenda besar yang senantiasa terpasang dipenuhi jemaat. Sama halnya ibadah malam natal Senin (24/12) di GPIB Bahtera Hayat Kapling lama Batu Aji maupun ibadah natal Selasa (25/12), dipenuhi jemaat hingga ke tenda yang terpasang di kiri-kanan gereja.   Di GKPI Jemaat khusus kavling lama Batu Aji, terpasang tenda di samping kanan gereja maupun di depan untuk menampung jemaat yang sudah memenuhi gereja maupun balcon.  Dengan Tema lokal :  "Lihat, Keselamatanmu Datang” (Lukas 1, 26-38).  Sementara untuk Tema natal Nasional sesuai kesepakatan PGI dan Majelis Wali Gereja Indonesia, juga terpampang di dalam gereja yaitu "Kristus, Hikmat bagi Kita" (1Korintus 1, 30a).
     Arus lalu lintas di depan gereja GKPI, berjalan lancar dan untuk menyeberang jalan yang penuh sesak  menuju gereja,  dengan pengaturan petugas gereja dibantu aparat Kepolisian dari Polsek Sagulung. Di pintu gerbang gereja, aparat kepolisian hanya mengamati barang bawaan jemaat tanpa memeriksanya, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.  Hal ini membuktikan, bahwa situasi keamanan tahun ini, lebih kondusif dan  terkendali.    .    
para Jemaat  bersalaman dengan Pdt J Situmorang dan Pnt S Pakpahan di  pintu  gereja usai ibadah malam natal
 Mengawali ibadah natal, barisan prosesi Pendeta didampingi para Penatua memasuki gereja disambut jemaat dengan berdiri. Pnt S Pakpahan ST yang memimpin pembacaan liturgis, sebelum ibadah natal dimulai, mengajak  seluruh jemaat untuk ber-saat teduh sejenak, mendoakan keluarga korban tsunami di Banten dan Lampung.    Kemudian acara ibadah natal diisi dengan lagu pujian,  votum dan diselingi koor dari beberapa  kategorial seperti paduan suara remaja, pemuda/i  serta paduan suara Debora dan Lidia.
    
Jemaat bersalam-salaman di dalam gereja, usai ibadah natal
   
Khotbah atau pesan natal disampaikan Pdt Junus Situmorang STh,  seharinya sebagai Kordinator GKPI Wilayah X Kepri membacakan Injil Lukas 1, 26-38. Sesuai dengan Tema natal : "Lihatlah; Keselamatanmu Datang,  Pdt Situmorang menekankan, bahwa keselamatan itu merupakan sesuatu yang sangat berharga dan masa depan.  Keselamatan itu merupakan sukacita besar melalui kedatangan Yesus Kristus yang datang ke dunia melalui kelahirannya
     Puncak perayaan natal Selasa 25 Desember 2018, GKPI Jemaat khusus Batu Aji mengadakan  ibadah natal  dua kali. Ibadah pertama masuk pukul 07.30 yang dilanjutkan perjamuan kudus.  Sementara ibadah kedua masuk pukul 10.30.  Puncak perayaan natal 25 Desember, gereja juga dipenuhi jemaat hingga meluber keluar.  Tema natal para puncak perayaan natal 25 Desember 2018 " Immanuel, Allah Menyertai Kita" (Matius 1:18-25).  Pdt J Situmorang pada intinya menekankan, apapun pergumulan yang kita alami, jika mempercayakan hidup kita kepadaNya, maka Allah akan senantiasa menyertai kita.  Sampai berita ini dibuat, Ibadah kedua masih berlangsung.
   Di GBKP Ibadah natal 25 Desember, juga dibanjiri jemaat, berlangsung aman dan lancar.  Hanya saja, pemandangan di GBKP yang bersebelahan dengan  GPdI, sejumlah aparat kepolisian dari Satuan Brimob, lengkap dengan senjata laras panjang.  Ada juga beberapa personil dari Yonif (Batalyon Infantri) Raider Khusus 136/TS  bersama dengan aparat kepolisian di pintu gerbang masuk.
Gereja HKBP Batu Aji Lama (foto:net)
Sementara di  gereja HKI,  puluhan Satpol PP dibantu beberapa aparat kepolisian, terlihat di gerbang masuk gereja.   Pada umumnya, perayaan Ibadah malam natal Senin 24 Desember maupun puncak ibadah natal Selasa 25 Desember,  berlangsung aman dan tertib.  Hal ini berkat kerjasama semua pihak dan  aparat keamanan dalam hal ini Polresta Barelang dan masing-masing Polsek yang sudah mengantisipasi kondisi keamanan jauh-jauh hari. Jemaat bersukacita dan berharap, semoga keadaan aman dan tertib ini berlanjut terus untuk waktu-waktu  yang akan datang. (red)







Diberdayakan oleh Blogger.