Header Ads

𝐁𝐮𝐤𝐚 𝐒𝐨𝐬𝐢𝐚𝐥𝐢𝐬𝐚𝐬𝐢 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐚𝐰𝐚𝐬𝐚𝐧 𝐏𝐒𝐏𝐊, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐓𝐞𝐠𝐚𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐋𝐚𝐤𝐬𝐚𝐧𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐠𝐢𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐒𝐞𝐬𝐮𝐚𝐢 𝐊𝐞𝐭𝐞𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧




𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi acara Sosialisasi Pengawasan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK) Tahun 2024

di Planet Holiday, Kamis (2/05/2024). Dalam arahannya Jefridin menyampaikan agar Camat, Fasilitator Kecamatan, Lurah dan Kelompok Masyarakat (Pokmas) dapat melaksanakan kegiatan PSPK sesuai ketentuan yang berlaku.

“Dalam melaksanakan kegiatan PSPK ini harus berdasarkan peraturan dan petunjuk teknis PSPK dengan penuh tanggungjawab,” tegasnya.

Dijelaskannya, PSPK merupakan program Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang digagas oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dalam rangka pemerataan pembangunan. Anggaran PSPK ini dari APBD Kota Batam yang digunakan untuk pembangunan semenisasi jalan lingkungan, drainase, batu miring, gedung serbaguna dan jembatan atau pelantar. Kegiatan PSPK ini menurutnya dibatasi dan tidak dapat digunakan untuk seluruh

“Bapak Wali Kota Batam bukan hanya fokus membangun infrastruktur perkotaan tapi juga sampai ke ceruk-ceruk Kota Batam. Ini bentuk komitmen dari Wali Kota Batam agar pembangunan di Kota Batam merata. Disamping kegiatan fisik, kegiatan PSPK juga dapat digunakan untuk pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Alokasi anggaran untuk kelurahan ini diatur dalam PP 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, berdasarkan pasal 30 ayat 7 daerah kota yang tidak memiliki desa maka alokasi anggaran kelurahan paling sedikit 5 persen dari APBD. Untuk itu mengingat pentingnya dana kelurahan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat maka perlu dikelola secara baik dan profesional. Untuk anggaran PSPK ini, Pemko Batam mengalokasikan Rp3,5 miliar per tahun.

“Dalan penyusunan rencana penggunaan PSPK harus melibatkan pihak-pihak terkait dengan memprioritaskan hal-hal yang sangat urgent. Untuk itu kepada narasumber Saya berharap dapat memberikan materi sebagai bentuk pengawasan Kita dalam melaksanakan kegiatan PSPK ini,” tutur Ketua Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) Kota Batam ini.

Kepala Inspektorat Daerah Kota Batam, Hendriana Gustini menyampaikan kegiatan sosialisasi diikuti oleh Camat, Lurah, Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan se Kota Batam, perwakilan Kelompok Masyarakat, Koordinator PSPK dan Fasilitator Kecamatan se Kota Batam.

Adapun narasumber pada kegiatan sosialisasi ini Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Batam, Andreas Tarigan, S.H., M.H, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepri, Lagat Siadari, Kasubnit Unit 2 Satreskrim Polresta Barelang, Ipda Ari Purwono, Auditor Madya BPKP Perwakilan Provinsi Kepri, Dr. Mindarto Totok Oktaruna dan Kepala BPBJ Kota Batam, Ir. Wiratmoko.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini semoga

dapat mewujudkan tata kelola kegiatan PSPK yang ekonomis, efektif dan efesien. Sehingga pengelolaan anggaran kegiatan PSPK dilakukan dengan maksimal,” ucap mantan Kadispora Kota Batam ini.(*diskominfo batam)

 


Diberdayakan oleh Blogger.