Header Ads

TKN Harap Gabungnya Tim Advokat Prabowo-Gibran Bisa Minimalisir Kecurangan dan Intimidasi di Pemilu

 


 

JAKARTA - Tim Golf (Relawan) di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menerima dukungan dari Tim Advokasi Prabowo-Gibran (TAPG), Selasa (28/11/2023). Anggota Tim Golf TKN Prabowo-Gibran, Poltak Agustinus Sinaga pun menyambut baik dukungan tersebut.

"Keberadaan teman-teman di TKN ya kenapa kita menyambut secara baik ya," kata Poltak saat jumpa pers di Markas Relawan Prabowo-Gibran, Menteng, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

 


 

Menurut Poltak, nantinya seluruh jaringan yang ada di TAPG akan bertugas memantau dan memastikan jalannya pemilu secara adil tanpa kecurangan.

Sebab kata pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) itu, TAPG akan menjadi barisan terdepan yang bisa meminimalisir kecurangan dan intimidasi yang berpotensi terjadi saat pemilu.

"Karena mereka memastikan bahwa di pemilu nanti, meminimalisir kecurangan kira-kira begitu, meminimalisir intimidasi dalam perjalanannya nanti sampai tanggal 14 itu," kata dia."Meminimalisir hoaks, meminimalisir orang yang drama-drama, meminimalisir maling teriak maling," sambung Poltak.

Dengan begitu, Poltak berharap agar seluruh pasangan calon di Pilpres 2024 bisa bertarung berdasarkan ide dan gagasan. Bukan pada kondisi saling serang dan saling fitnah, sebab, tujuan dari para calon pemimpin adalah sama, yakni menjadikan Indonesia Emas di 2045.

"Yuk kita bertarung ide gagasan, jujur, siapapun pemenangnya, intinya Indonesia tetap jaya, Indonesia emas 2045 persatuan Indonesia terjaga," kata dia.

Siap Beri Bantuan Hukum

Jaringan advokat yang mengatasnamakan diri sebagai Tim Advokasi Prabowo-Gibran (TAPG) sebelumnya mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo-Gibran.

Ketua Umum TAPG Mahadita Ginting mengatakan pembentukan TAPG didasari atas kesadaran dari pihaknya untuk menjaga dan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat di masa pemilu saat ini.

"Menyatakan sikap apa yang kami lakukan ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap tim dari TKN untuk mendukung proses kampanye," kata Mahadita dalam kesempatan yang sama. Menurut Mahadita, bukan tidak mungkin akan terjadi beragam intrik atau kecurangan dalam pemilu 2024 ini yang menimpa pasangan Prabowo-Gibran.

Dalam kondisi tersebut, masyarakat yang akan menjadi garda terdepan dalam melihat dan menemukannya.

"Kami yakin pada saat kampanye nanti akan ada intrik-intrik yang dimainkan oleh pihak-pihak sebelah atau apapun, yang dapat merugikan kubu pak Prabowo," kata dia.

Sehingga, kata Mahadita, melalui TAPG ini, masyarakat khususnya relawan dan pendukung Prabowo-Gibran dapat membuat laporan.

Pria yang juga merupakan sebagai advokat itu menyatakan, nantinya jika memang proses tersebut dibawa ke ranah hukum, maka TAPG akan turut mendampingi tanpa harus dikenakan biaya.

"Apabila dari simpatisan maupun pemilih-pemilih dari Prabowo-Gibran kami sudah menyiapkan waktu tempat untuk memberikan edukasi maupun advokasi apabila mereka bermasalah, dan kami siap untuk menerima pengaduan itu," kata dia.

Mahadita juga menyatakan, pihaknya saat ini sudah membuat hotline aduan yang tersedia di akun media sosial Instagram TAPG, untuk masyarakat melapor.

Hanya saja, perihal lokasi, TAPG kata dia, akan lebih fokus ke daerah-daerah kabupaten atau provinsi lain di Indonesia bukan di DKI Jakarta. Sebab, menurutnya, masyarakat selain di Ibu Kota lebih minim terjamah jaringan advokat.

"Kita ini lebih fokus pada pemilih grassroot makanya kita fokuskan ke wilayah kalau di DKI kan sudah banyak, makanya kita fokus tadi kalau kita sudah di bentuk di beberapa wilayah sebagai posko, itu tujuan kita," kata dia.

Adapun dalam agenda deklarasi ini turut dihadiri perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dari Tim Golf (Relawan) yakni Poltak Agustinus Sinaga.

Profil Mahadita Ginting

Mahadita Ginting merupakan seorang advokat yang tergabung dalam Bidang Pengawasan dan Rekomendasi Advokat Asing di PERADI.

Mahadita diketahui memiliki law form bernama Mahadita Ginting and Partner yang didirikan sejak Desember 2002.

Mahadita juga merupakan pengurus MPW Badan Pembina Hukum (BPH) Pemuda Pancasila (PP).

Tak hanya Mahadita, terdapat juga advokat yang tergabung dalam TAPG.

Dia yakni Listia yang menjabat sebagai bendahara TAPG dan Fernando sebagai Sekjen TAPG.

Profil Singkat Poltak Agustinus Sinaga

Poltak Agustinus Sinaga merupakan pria asal Sumatera Utara yang terkenal dengan sikapnya yang tegas atas terjaminnya Hak Asasi Manusia, dirinya bahkan disebut sebagai aktivis HAM.

Poltak juga pernah menjadi Ketua Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI).

Di masa Pilpres 2024 ini, Poltak membentuk organ relawan bernama Jaringan Merah Putih (JMP 08) untuk mendukung Prabowo Subianto.

Sekilas Tentang TAPG

Tim Advokasi Prabowo-Gibran (TAPG) merupakan jaringan atau kelompok relawan yang berbasis pada bantuan hukum.

Di dalam TAPG ini sendiri terdapat beberapa organisasi advokat, seperti Peradi, IPHI dan KAI.

Adapun TAPG saat ini sudah mendirikan posko di beberapa wilayah di Indonesia, di antaranya Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Purwokerto, dan Demak.(tribunnews.com)

Diberdayakan oleh Blogger.