Header Ads

Nantikan Rute Internasional Baru Batik Air dari MAKASSAR! Indonesia bagian Timur akan Terkoneksi ke Lebih dari 13 Negara dengan 31 Kota Tujuan Terkemuka di Dunia

 

Terbang langsung dari Makassar menuju Kuala Lumpur diperkenalkan bersamaan semarak Hari Penerbangan Internasional akan semakin menawarkan pilihan rute penerbangan lebih banyak untuk kemudahan mobilitas pebisnis dan wisatawan

 

 


Sinarkepri.co.id.M A K A S S A R – 26 Oktober 2022. Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menambah rute internasional, mulai 15 Desember 2022 terbang langsung dari Makassar melalui Bandar Udara Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) menuju Kuala Lumpur melalui Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL).

 

Pelaksanaan operasional penerbangan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan dan berdasarkan protokol kesehatan serta mengikuti ketentuan yang berlaku di masing-masing negara (regulasi pemerintah bagi pelaku perjalanan internasional).

 

Rute

No. Terbang

Jadwal Berangkat

Jadwal Tiba

Frekuensi Terbang

Makassar (UPG) – Kuala Lumpur (KUL)

ID-7631

10.55

14.00

Setiap Selasa, Kamis,  Sabtu

Kuala Lumpur (KUL) – Makassar (UPG)

ID-7630

14.50

18.00

Setiap Selasa, Kamis,  Sabtu

Keterangan: tidak ada perbedaan waktu, Makassar menggunakan Waktu Indonesia Tengah (WITA, GMT+ 08), Kuala Lumpur, Malaysia (GMT+ 08).

 

Rute internasional terbaru dari Indonesia bagian timur tujuan Kuala Lumpur menyediakan konektivitas lebih baik dengan melanjutkan  penerbangan (connecting flight) melalui KLIA terhubung jaringan Lion Air Group, yakni Batik Air (kode penerbangan OD), Batik Air Indonesia (kode penerbangan ID) serta Thai Lion Air (kode penerbangan SL) ke

 

Asia Tenggara

1.         Malaysia. Kuala Lumpur (KUL), Langkawi (LGK), Penang (PEN), Kota Kinabalu (BKI), Melaka (MKZ), Kuching (KCH), Labuan (LBU), Johor Bahru (JHB), Sandakan (SDK).

2.         Singapura (SIN)

3.         Kamboja. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur)  Phom Penh (PNH)

4.         Myanmar. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur)  Yangon (RGN)

5.         Vietnam. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Hanoi (HAN), Ho Chi Minh City (SGN) serta mulai 6 Desember 2022 ke Da Nang (DAD)

6.         Thailand. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Bangkok Don Mueang (DMK) dan Phuket (HKT).

 

Asia Selatan

7.         India. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Mumbai (BOM); Cochin atau Kochi (COK); Bangaluru (BLR); Delhi (DEL); Hyderabad (HYD), Amritsar (ATQ), Tiruchirappalli (TRZ)

8.         Pakistan. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Lahore (LHR).

9.         Bangladesh. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Dhaka (DAC).

10.     Nepal. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Kathmandu (KTM).

 

Asia Timur

11.     Taiwan. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Taipei–Taoyuan (TPE)

12.     Jepang. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Tokyo Narita (NRT)

13.     Tiongkok. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Hong Kong (HKG)

 

Australia

14.     Australia. Rute lanjutan (transit Kuala Lumpur) tujuan Brisbane (BNE), Melbourne (MEL) dan Perth (PER)

 

Rute Makassar – Kuala Lumpur – Makassar diperkenalkan bersamaan semarak Hari Penerbangan Internasional (diperingati setiap 7 Desember) akan mempermudah mobilitas masyarakat, pebisnis dan pelancong (wisatawan) dengan pilihan baru terbang melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin dari dan menuju Indonesia bagian timur terutama lebih dari 40 destinasi favorit, antara lain

·         Sulawesi Selatan: Makassar (UPG), Selayar (KSR), Tana Toraja (TRT), Palopo Lagaligo (LLO);

·         Sulawesi Barat: Mamuju (MJU);

·         Sulawesi Tenggara: Kendari (KDI), Kolaka (KXB), Raha (RAQ), Bau-Bau (BUW);

·         Sulawesi Tengah: Palu (PLW), Luwuk (LUW), Morowali (MOH);

·         Gorontalo (GTO);

·         Sulawesi Utara: Manado (MDC), Melonguane (MNA), Miangas (MKF), Tahuna (NAH);

·         Maluku: Ambon (AMQ), Saumlaki (SXK), Langgur Tual (LUV), Dobo (DOB), Namlea (NAM);

·         Maluku Utara: Ternate (TTE), Morotai (OTI), Labuha (LAH);

·         Papua: Jayapura (DJJ), Biak (BIK);

·         Papua Barat: Sorong (SOQ), Manokwari (MKW), Fakfak (FKQ), Kaimana (KNG);

·         Papua Tengah: Nabire (NBX), Timika (TIM);

·         Papua Pegunungan: Wamena (WMX), Dekai (DEX);

·         Papua Selatan: Asmat Ewer (EWE), Merauke (MKQ);

·         dari Pulau Kalimantan bagian utara dan timur, Kalimantan Timur: Balikpapan (BPN), Berau (BEJ), Samarinda (AAP; Kalimantan Selatan: Banjarmasin (BDJ), Kotabaru (KBU), Batulicin (BTW); Kalimantan Utara: Tanjung Selor (TJS), Malinau (LNU), Tarakan (TRK) dan kota-kota lainnya.

 

Penerbangan berjadwal internasional Batik Air Makassar – Kuala Lumpur PP, diharapkan akan memberikan nilai lebih. Pertama, berkontribusi sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan perekonomian secara regional (kedua negara) di kawasan Asia Tenggara dalam upaya membantu menggerakkan komoditas unggulan, peluang bisnis serta sektor yang lain.

 

Kedua, mendukung pengembangan potensi daerah dan negara untuk produktivitas pebisnis, pelancong (wisatawan mancanegara) dan logistik berbagai negara yang terhubung dari Indonesia. Optimis, memperkuat daya saing potensi perdagangan, bisnis, kepariwisataan global yang lebih cepat dan tepat.

 

Ketiga, dapat menyediakan pilihan baru terbang dari Indonesia ke Kuala Lumpur setelah dari Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang Banten (CGK), Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS), Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) dan Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB).

 

 

Terbang Menyenangkan

Batik Air akan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi) dalam mengakomodir penerbangan Makassar ke Kuala lumpur. Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat.

 

Setiap tamu mendapatkan makanan dan minuman (inflight meals); gratis bagasi 20kg untuk kelas ekonomi dan 30kg kelas bisnis; dilengkapi hiburan gratis inflight entertainment on demand serta hiburan yang dapat diakses dari perangkat handphone dan tablet didukung oleh Tripper. Caranya mudah, download aplikasi Tripper sekarang! Hiburan gratis tersedia beragam film seperti Indonesia, Hollywood, sampai Korea. Selain itu para tamu dapat bermain games, membaca majalah digital dan masih banyak lagi.

 

Upaya memastikan terbang itu sehat, seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

 

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station). (red)

sumber  : Danang Manadaala Prihantoro

editor  :Arifin    

 

Diberdayakan oleh Blogger.