Header Ads

Kemudahan Penerbangan Intra-Sulawesi Tengah

Wings Air Menambah Frekuensi Terbang PALU – TOLI-TOLI - PALU

foto: Wings Air di Bandar Udara Sultan Bantilan (TLI).

sinarkepri.co.id.T O L I – T O L I  – 22 Juni 2021. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group menginformasikan perkembangan terkini sehubungan dengan layanan penerbangan penumpang berjadwal rute Palu melalui Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri (PLW) tujuan Toli-Toli melalui Bandar Udara Sultan Bantilan (TLI) frekuensi terbang ditingkatkan menjadi 3 (tiga) kali seminggu setiap Senin, Jumat dan Minggu. 

Sejak beroperasi kembali untuk regular flight pada 26 Februari 2021 di kedua rute, Wings Air hanya melayani 1 (satu) kali penerbangan dalam sepekan yakni setiap Jumat. 

Jadwal terbaru

Rute

No. Terbang

Jadwal Berangkat *)

Jadwal Tiba *)

Palu – Toli-Toli

IW-1154

10.25

11.20

Toli-Toli – Palu

IW-1125

11.45

12.40

*) menggunakan zona Waktu Indonesia Tengah (WITA) GMT+ 08 

Wings Air menawarkan harga tiket terbaik sekali jalan (one way), Palu ke Toli-Toli mulai dari Rp 396.600 dan Toli-Toli ke Palu mulai dari  Rp  361.600. 

Peningkatkan frekuensi terbang dilakukan secara bertahap, berdasarkan hasil evaluasi pasar dan sesuai permintaan jasa angkutan udara. Dengan demikian, operasional setiap Senin, Jumat dan Minggu dapat menjawab kebutuhan masyarakat, termasuk pebisnis dan wisatawan. 

Wings Air optimis, penerbangan ini akan mengakomodir perjalanan udara yang menawarkan akses langsung (direct flight) dan saling terhubung (connecting flight).  Penumpang dari Toli-Toli berkesempatan luas untuk melanjutkan penerbangan bersama Lion Ari Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air) ke kota-kota atau daerah lain melalui Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri Palu. Kota tujuan intra-Sulawesi Tengah: Luwuk, Buol dan Morowali. 

Untuk kota lainnya terkoneksi ke Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Makassar, Gorontalo, Manado, Balikpapan, Surabaya, Kendari, Bau-Bau, Wangi-Wangi, Palopo-Lagaligo Bua, Selayar, Bau-Bau, Raha, Mamuju, Ternate, Ambon, Tual, Sorong, Manokwari, Jayapura, Timika, Merauke, Banjarmasin, Palangkaraya, Berau, Tarakan, Malinau, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Rote, Yogyakarta Kulonprogo, Yogyakarta Adisutjipto, Bandung, Semarang, Palembang, Pekanbaru, Padang, Batam, Medan-Kualanamu, Banda Aceh dan destinasi lainnya. 

Wings Air juga mengharapkan, rute Palu – Toli-Toli – Palu akan menciptakan jalur pergerakan (mobilitas) orang dan barang intra-Sulawesi Tengah yang efektif, dengan tujuan semakin meningkatkan minat orang untuk bepergian menggunakan pesawat udara pada penerbangan langsung jarak pendek (point to point)

Sulawesi Tengah merupakan provinsi yang mempunyai 7 (tujuh) bandar udara.  Layanan penerbangan Wings Air akan mendukung berbagai program pemerintah dalam percepatan pemulihan dan pembangunan ekonomi. Selain itu, sebagai salah satu peluang pasar sejalan pengembangan bisnis (ekspansi) Wigns Air dalam negeri. 

Penerbangan intra-Sulawesi Tengah:

1.       Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri di Kota Palu (PLW),

2.       Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir di Luwuk, Kabupaten Banggai (LUW),

3.       Bandar Udara Pogogul di Buol (UOL),

4.       Bandar Udara Sultan Bantilan Toli-Toli (TLI),

5.       Bandar Udara Maleo, Morowali (MOH).

Penerbangan dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros (UPG)

6.       Bandar Udara Kasiguncu di Kota Poso (PSJ). 

Wings Air tengah menjajaki kembali untuk pasar penerbangan di

7.       Bandara Tanjung Api di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una (OJU). 

Wings Air menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah, regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta berbagai pihak terkait lainnya dalam mendukung pelaksanaan operasional penerbangan di Palu dan Toli-Toli. Semoga, kerjasama dan koordinasi yang telah terbentuk dengan baik, senantiasa dijalankan serta mengikuti standar operasional prosedur (SOP).

Terbang Aman dan Menyenangkan

Wings Air mengoperasikan armada jenis baling-baling (propeller) tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600, berkapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi dengan konfigurasi (tata letak) 2-2.  Halini, bagian strategi menawarkan pengalaman terbang berkesan.

Wings Air menyampaikan penerbangan kembali Palu – Toli-Toli – Palu sebagai bagian upaya meyakinkan bahwa “terbang itu aman”, karena pelaksanaan penerbangan dijalankan sebagaimana standar operasional prosedur dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan (safety first) dan pedoman protokol kesehatan.

Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) mengikuti proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation).

Volume udara kurang lebih 95 meter kubik di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit dengan mengandalkan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar

Wings Air memaksimalkan berbagai langkah selama masa waspada pandemi antara lain mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal ini akan meminimalisir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

ATR 72 merupakan pesawat berteknologi canggih dengan tingkat kenyamanan lebih terasa karena interior kabin dirancang lebih futuristik, sehingga penumpang bisa bekerja saat penerbangan atau bersantai sembari menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan luar karena pesawat mampu terbang rendah. 

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).  (danang mandala prihantoro)

Diberdayakan oleh Blogger.