Header Ads

Rudi Ajak Peringatan Hari Jadi Batam Ke-190


Sebagai Momentum Untuk Membangun Batam  

HUMAS PEMKO BATAM – Puncak perayaan Hari Jadi Ke-190 Kota Batam diperingati dengan upacara, Rabu (18/12) di Dataran Engku Putri. Sebagai inspektur upacara Plt. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi hadir didampingi istri Marlin Agustina Rudi. Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, Ketua DPRD Batam, Nuryanto dan seluruh pimpinan OPD Pemko Batam mengikuti upacara pagi itu. Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Batam turut mengukuti jalannya upacara.
Acara pagi itu diawali dengan penampilan tari persembahan. Dilanjutkan dengan tari jogi yang dibawakan oleh pelajar di Kecamatan Batam Kota.      
        Pagi itu seluruh peserta upacara mengenakan pakaian melayu lengkap, peserta laki-laki menggunakan kain samping dan tanjak. Perayaan Hari Jadi Kota Batam ini semakin semarak dengan tampilnya pesawat tempur dari TNI Angkatan Udara (AU). Tiga pesawat tempur terbang rendah di Engku Putri usai upacara. Pesawat tempur ini terbangkan tiga pilot kebanggaan TNI Angkatan Udara (AU) yakni Kapten Pnb Oliv “Cyborg”, lalu Letda Pnb Dikie “Felix” dan Lettu Pnb Sapta “Ronin”.
Atraksi ini disambut antusias oleh ASN maupun masyarakat yang hadir pagi itu. Sebelumnya sejumlah pelajar sudah unjuk kebolehan bermain gasing di hadapan seluruh tamu yang hadir. Bersamaan dengan itu juga ada pertunjukan silat.
          Momentum peringatan Hari Jadi Batam ke-190 ini, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan jika dilihat dari usia maka kota ini sudah cukup tua. Namun proses pembangunan dimulai pada saat ada di Otorita Batam (OB) lalu adanya Pemerintahan Kota Batam. Targetnya Batam dalam 10 atau 20 tahun kedepan, menjadi kota modern. Ia mengatakan pembangunan harus berjalan dan tidak boleh lengah dan terlambat.“Jangan terbuai waktu sehingga kita tertinggal jauh. Saya punya niat yang tulus membangun Batam. Membangun ini tidak hanya bisa Wali Kota sendiri tapi harus bersama  dengan seluruh stake holder, masyarakat bersatu padu. Kalau kita kompak semua akan tercapai,” katanya semangat.
        Ditegaskannya bahwa kondisi Batam harus berubah dan ini dilakukan untuk anak cucu dan generasi muda yang ada di Batam. Harapannya di tahun depan pertumbuhan ekonomi Batam 6 persen. Rencananya di Januari nanti ia akan mengajak Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia untuk rapat. Target lainnya di tahun 2020 mendatang semua perizinan akan semakin mudah dengan sejumlah penyederhanaan yang akan dilakukan. “Peringatan hari jadi pada tahun ini, terasa menjadi lebih istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena pada tahun 2019 ini Batam berhasil mengupayakan peningkatan ekonomi yang positif sebesar 4,72 persen,” ujar Rudi.
        Sementara Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengharapkan, diusia ke-190 tahun, menjadi tonggak kemajuan Pemko Batam. Momen HUT ini diharapkan juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja pemerintah semakin baik di Batam. Ia juga meminta seluruh elemen di Batam bersatu padu dalam pembangunan untuk menghadapi persaingan dikancah nasional.“Melalui persatuanlah kita bisa bersaing di kancah internasional. Sebagai Plt Gubernur, saya mengajak, mari bersatu, dalam rangka mencapai visi misi Batam,” ajak Isdianto.  Sementara Ketua DPRD Batam Nuryanto berharap, kondisi perekonomian Batam terus meningkat seiring memasuki usia yang ke-190 tahun pada 18 Desember 2019. Selain itu, pemerintah kota (Pemko) Batam juga harus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat agar proses birokrasi tidak lagi bertele-tele.“Pertama saya sampaikan selamat hari jadi untuk Batam yang ke-190. Kalau dilihat dari usianya, seharusnya masyarakat Batam ini sudah sejahtera,” katanya.(HP)












Diberdayakan oleh Blogger.