Header Ads

Penerbangan Perdana “Premium Services Airlines” Umroh


Batik Air Memberikan Pilihan Berkualitas Surabaya – Madinah

Keterangan pendukung (kiri – kanan) Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie dan Presiden Direktur Dream Group, Muhammad Umar Bakadam.



Sinarkepri.co.id.SIDOARJO – 17 Desember 2019. Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan penerbangan pertama umrah periode 1440 hijriah atau 2019-2020 dengan rute Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) tujuan Madinah – Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED). Pelaksanaan terbang perdana diresmikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie, Presiden Direktur Dream Group, Muhammad Umar Bakadam beserta mitra terkait.
     Batik Air memfasilitasi para tamu sebagai jamaah pertama dengan terbang nyaman menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus 330-300CEO. Batik Air bernomor ID-226 mengudara tepat waktu (on time) pukul 09.30 Waktu Indonesia Barat (WIB, GMT+ 7) membawa 372 tamu dan 13 awak pesawat.  Layanan ini tanpa henti (non-stop) dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz pada 16.30 waktu setempat (Time in Medina Saudi Arabia, GMT+ 3).
       Chief Executive Officer Batik Air, Capt. Achmad Luthfie mengungkapkan, “Batik Air dengan bangga memperkenalkan layanan baru khusus mengakomodir penerbangan berkualitas menuju Saudi Arabia. Pelaksanaan umroh menawarkan program sembilan hari dan 13 hari, sebagai bentuk kesungguhan Batik Air guna memenuhi kebutuhan perjalanan ibadah bagi setiap jamaah yang berasal dari Jawa Timur dan sekitar. Batik Air memproyeksikan, permintaan untuk pasar ini akan terus meningkat.”  Batik Air telah memenuhi dan mengimplementasikan ketentuan operasional berdasarkan masing-masing negara serta aturan internasional. Penerbangan tujuan Jeddah dan Madinah ini terlaksana setelah Batik Air memenuhi semua kualifikasi atau persyaratan audit keselamatan dan keamanan. dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA).
        Capt. Achmad Luthfie mengatakan, “Atas nama Batik Air kami mengucapkan selamat menjalankan umroh kepada tamu jamaah pertama, semoga berjalan lancar dan baik. Pada kesempatan ini, Batik Air berterima kasih kepada regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta berbagai pihak. Batik Air bekerjasama bersama Dream Tour sebagai mitra perjalanan (tour and travel) dalam General Sales Agent (GSA).”   Presiden Direktur Dream Group, Muhammad Umar Bakadam menyatakan, “Dream Tour sangat senang meluncurkan umroh premium services dengan Batik Air perdana dari Surabaya. Hal ini menunjukkan kemitraan Dream Tour bersama Lion Air Group dalam mengakomodir permintaan pasar perjalanan religi muslim.”
     Tahun ini Dream Tour mencatatkan sejarah penting perusahaan dengan mengembangkan bisnis melalui kerjasama Batik Air dalam menyediakan pilihan baru perjalanan umroh yang menawarkan premium services airlines.  Batik Air dan Dream Tour menawarkan layanan mencakup bagasi, makanan di dalam pesawat (inflight meals) tersedia dalam kelas bisnis dan ekonomi, hiburan selama perjalanan (inflight entertainment) terdiri majalah, musik religi, audio video pada setiap kursi. Untuk kenyamanan tamu dari masing-masing kota asal, Batik Air telah mempersiapkan awak kabin guna membantu kemudahan komunikasi dari bahasa.
     Menurut Muhammad Umar Bakadam, “Dream Tour sebagai travel umroh terbaik di Indonesia, selalu mengutamakan beragam faktor layanan dan amanah dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh jamaah yang hendak melakukan perjalanan spiritual umroh ke tanah suci.”  Pengoperasian Airbus 330-300CEO dinilai tepat menjadi bagian pendukung model bisnis dan mencerminkan kesungguhan dalam memperluas jaringan dengan tata letak kursi lorong ganda (double aisle) terdiri dari 18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi. Batik Air dapat meningkatkan jaringan bisnis penerbangan berkonsep premium services airlines termasuk memperkuat jaringan di segmen jarak jauh (long haul).
     Pada Desember 2019, setelah Surabaya, Batik Air bersama Dream Tour membuka penerbangan ke Madinah – Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED) dan Jeddah – Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz, Arab Saudi (JED), yaitu
1.       Solo – Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah (SOC).
2.       Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi, Selatan (UPG).
3.       Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO).
          Rencana strategis perusahaan jangka berikutnya, juga akan menambah dari Banda Aceh – Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar (BTJ); Palembang – Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Sumatera Selatan (PLM); Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK); Balikpapan – Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN) dan Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ).  Layanan umroh 2019-2020, Batik Air menargetkan tingkat kinerja ketepatan waktu (on time performance/ OTP) rata-rata 92%. Upaya tersebut sejalan memberikan layanan istimewa kepada jamaah umroh sebagai tamu berdasarkan sistem terstruktur dan komprehensif antara perawatan pesawat, operasional di bandar udara serta keputusan cepat dan tepat.
        Dalam operasional setiap penerbangan, Batik Air selalu patuh dan menerapkan budaya keselamatan (safety culture). Keseriusan inilah yang menegaskan Batik Air mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first).  Batik Air akan terus mengembangkan full-service seiring memperkuat jaringan domestik dan internasional dengan tetap mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan (safety first). Hingga kini Batik Air melayani lebih dari 45 destinasi domestik dan internasional ke Singapura; Chennai, India; Perth, Australia serta Guilin dan Kunming di Tiongkok, serta Taipei, frekuensi penerbangan mencapai lebih dari 350 perhari.
        Batik Air mencatatkan rata-rata OTP 92.63% dengan kekuatan armada yang dioperasikan terdiri dari 44 Airbus 320-200CEO (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi), enam Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi), delapan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi), serta satu Airbus 330-300 (18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi).  (danang mandala prihantoro/arifin)

 Jaringan Penerbangan Lion Air Group di Surabaya (SUB)
Rute Lion Air
Frekuensi Terbang
Surabaya – Medan Kualanamu
1 kali per hari
Surabaya – Batam
3 kali per hari
Surabaya – Pekanbaru
1 kali per hari
Surabaya – Padang
1 kali per hari
Surabaya – Palembang
1 kali per hari
Surabaya – Tanjung Karang, Lampung
1 kali per hari
Surabaya – Soekarno-Hatta, Tangerang
13 kali per hari
Surabaya – Majalengka Kertajati
2 kali per hari
Surabaya – Pontianak
2 kali per hari
Surabaya – Palangkaraya
2 kali per hari
Surabaya – Tarakan
1 kali per hari
Surabaya – Balikpapan
8 kali per hari
Surabaya – Samrinda
3 kali per hari
Surabaya – Banjarmasin
7 kali per hari
Surabaya – Denpasar
4 kali per hari
Surabaya – Lombok
5 kali per hari
Surabaya – Kupang
4 kali per hari
Surabaya – Makassar
6 kali per hari
Surabaya – Manado
2 kali per hari
Surabaya – Kendari
1 kali per hari
Surabaya – Ambon
1 kali per hari
Rute Batik Air

Surabaya – Soekarno-Hatta, Tangerang
10 kali per hari
Surabaya – Jakarta Halim Perdanakusuma
7 kali per hari
Surabaya – Makassar
2 kali per hari
Surabaya – Denpasar
1 kali per hari
Surabaya – Sorong
1 kali per hari
Surabaya – Labuan Bajo
1 kali per hari
Surabaya – Madinah
1 kali per minggu
Rute Wings Air

Surabaya – Surakarta (Solo)
1 kali per hari
Surabaya – Yogyakarta Adisutjipto
6 kali per hari
Surabaya – Sumenep (Madura)
1 kali per hari
Surabaya – Semarang
4 kali per hari
Surabaya – Banyuwangi
1 kali per hari
Surabaya – Jember
1 kali per hari
Surabaya – Pangkalan Bun
1 kali per hari
Surabaya – Sampit
1 kali per hari
Surabaya – Bandung
6 kali per hari

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 


Penjelasan Harga Jual Tiket Pesawat Udara Lion Air Group

JAKARTA – 17 Desember 2019. Lion Air Group menyampaikan keterangan mengenai penjualan tiket pesawat udara melalui website resmi perusahaan dan agen perjalanan (online dan korporasi), akan menampilkan detail penerbangan yang terdiri jadwal keberangkatan, nomor penerbangan, harga jual tiket dan informasi lainnya.  Apabila kursi (seat) untuk penerbangan langsung N/A (not available atau tidak tersedia) dan Sold Out (terjual habis), maka sistem pada mesin akan mencari rute dengan menawarkan alternatif (opsi) agar pemesan atau calon penumpang dapat sampai di tujuan. Dalam situasi ini, maka calon tamu atau penumpang ditawarkan perjalanan udara melalui beberapa sektor (transit).  
       Penerbangan transit merupakan layanan dari maskapai sendiri atau kombinasi (multiple flight) bersama maskapai lain. Hal ini secara otomatis akan memunculkan harga jual total tiket dari keseluruhan sektor yang harus dilalui. Jika calon penumpang memutuskan untuk membeli dari sistem penawaran tersebut, maka  jumlah nominal sesuai yang tertera harus dibayar. Lion Air menginformasikan bahwa nominal dimaksud (multiple flight) berbeda dari tarif tiket penerbangan langsung yang berlaku.     Untuk itu, Lion Air Group meminta kepada seluruh calon tamu atau calon penumpang dalam mempersiapkan rencana perjalanan agar lebih awal, bijaksana, teliti dan cermat dalam memahami informasi ketika melakukan proses pembelian tiket pesawat.
 Penjelasan Batik Air Rute Penerbangan Manokwari Tujuan Makassar           
Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan klarifikasi sehubungan perkembangan informasi tentang harga jual tiket pesawat udara Batik Air rute Manokwari melalui Bandar Udara Rendani, Papua Barat (MKW) tujuan Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) periode pengecekan Senin, 16 Desember 2019, bahwa:
1.       Jumlah kursi (seat) penerbangan langsung tidak tersedia atau sudah terjual habis. Sebagai keterangan, tarif batas atas satu kali jalan (one way) untuk tarif maskapai (air fare) menurut jarak Manokwari ke Makassar adalah Rp 2.042.000 pada kelas ekonomi (belum termasuk PPn, Iuran wajib asuransi yang disingkat IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja) dan Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax.
2.       Tarif tiket pesawat yang muncul mencapai Rp 19.173.900 dan Rp 20.447.200 adalah total keseluruhan perjalanan yang ditawarkan sebagai opsi oleh mesin pencari dengan penerbangan multi sektor sampai tujuan akhir.
 Batik Air menyatakan harga jual tiket tersebut memiliki komposisi perjalanan udara beberapa sektor (transit):
1.       Penjelasan Rp 19.173.900 adalah layanan tiket kelas bisnis yang terdiri rute dari Manokwari ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) dan lanjutan penerbangan ke tujuan akhir di Makassar (satu kali transit).
2.       Penjelasan Rp 20.447.200 adalah layanan tiket kelas bisnis dengan rute Manokwari ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) ke Bandar Udara internasional Juanda, Jawa Timur (SUB) kemudian tujuan akhir di Makassar (dua kali transit).
 Lion Air Group berupaya dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Lion Air Group menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi (SOP) perusahaan serta ketentuan internasional. (danang mandala prihantoro/arifin)











Diberdayakan oleh Blogger.