Penjelasan Malindo Air
Terhadap Perkembangan Pemberitaan
Mengenai Data Penumpang
Sinarkepri.co.id.PETALINIG
JAYA
–18 September 2019. Malindo Air (kode penerbangan OD) member of Lion Air Group secara
resmi memberikan keterangan mengenai perkembangan berita tentang data
penumpang, Malindo Air menyadari beberapa data pribadi penumpang yang disimpan (hosted
on) di lingkungan berbasis cloud, bahwa kemungkinqn telah
disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Tim internal Malindo
Air bersama penyedia layanan data eksternal, Amazon Web Services (AWS) dan
GoQuo sebagai mitra e-commerce saat ini sedang menyelidiki atas hal
tersebut.
Malindo Air juga
bekerja sama dengan konsultan cybercrime independen, melaporkan kejadian
ini dan untuk proses penyelidikan. Malindo Air sudah
mengambil dan melakukan langkah-langkah tepat dalam memastikan agar data
penumpang tidak terganggu, sesuai Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi
Malaysia 2010 (Malaysian Personal Data Protection Act 2010).
Dalam kaitan
tersebut, Malindo Air menyatakan tidak menyimpan rincian pembayaran setiap
penumpang atau pelanggan di dalam server. Malindo Air mematuhi ketentuan
Standar Kartu Pembayaran Industri dan Standar Keamanan Data (Payment Card
Industry/ PCI - Data Security Standard/ DSS).
Malindo Air dalam
menjalankan bisnis dan operasional patuh terhadap semua aturan, kebijakan,
ketentuan dari berbagai otoritas baik lokal maupun luar negeri (internasional)
termasuk CyberSecurity Malaysia. Untuk tindakan
pencegahan, Malindo Air menghimbau dan menyarankan kepada seluruh penumpang
atau pelanggan yang memiliki akun Malindo Miles segera mengubah kata sandi (to
change their passwords) jika kata sandi digunakan sama pada layanan yang
lain secara online.
Malindo Air akan
terus memberikan keterangan lebih lanjut melalui website, seluler (mobile)
dan media sosial. Sebagai informasi, Malindo
Air adalah maskapai Malaysia yang terhubung langsung di KLIA dan KL Subang
Skypark di Selangor, Malaysia. Maskapai ini mulai terbang pada Maret 2013
dengan penerbangan domestik. Ekspansi rute telah berkembang ke semua airport
utama di Malaysia serta melintasi benua Asia dan Australia.
Malindo Air mengoperasikan
13 ATR 72-600 dan 29 Boeing 737 generasi modern, lebih dari 1.400 penerbangan
setiap minggu di seluruh 55 rute yang terus berkembang. Malindo Air bekerja sama (code
share) Turkish Airlines, Lion Air, Batik Air, serta mitra interlining ke
Xiamen Air, All Nippon Airways (ANA), Qatar Airways, Etihad Airways dan Oman
Air. Sepanjang operasional,
Malindo Air telah memenangkan Airline Passenger Experience Association
(APEX) 2019 dan “The Exquisite Pic Award” oleh Best International
Flight Ad of “The Exquisite Pic Award” by Thomas Edison Advertisement (TEA)
Awards.
Malindo Air me mperoleh Airline
Passenger Experience Association (APEX) 2018 Four Star Major Regional Airline
Recognition dan Malaysia Best Employer Brand Awards 2018, CAPA’s 2016
Asia Pacific Regional Airline of the Year, New Comer of the Year, Australia
2016/17 by Expedia.com., TOP Recognition - Malaysia SME® Preferred
Airline Partner, Airline of the Year (Passenger) at the KLIA Awards 2014 and
Top Performing Airline 2015 by Travelport. Untuk informasi
terkini tentang kegiatan dan berita terbaru Malindo Air, silakan terhubung www.malindoair.com
Twitter https://twitter.com/malindoair ), Facebook https://facebook.com/MalindoAirMalaysia atau Instagram
https://instagram.com/malindoair.(danang mandala prihantoro/arifin)