Klarifikasi Pemberitaan Tentang Boarding Pass Batik Air Penerbangan ID-6183 Rute Makassar ke Soekarno-Hatta, Tangerang
Pesawat Batik Air (Foto: net) |
Sinarkepri.co.id.MAROS
– 17 Februari 2019. Batik
Air (kode penerbangan ID) member
of Lion Air Group menyampaikan penjelasan layanan nomor penerbangan
ID-6183 rute dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar,
Sulawesi Selatan (UPG) menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,
Tangerang, Banten (CGK) pada 15 Februari 2019, bahwa telah dijalankan sesuai
standar operasional prosedur (SOP). Penerbangan Batik Air ID-6183 dipersiapkan
dengan baik untuk penanganan pesawat dan layanan kepada tamu sebelum terbang (pre-flight),
saat terbang (in-flight) dan setibanya di bandar udara tujuan (post-flight).
Batik Air menegaskan, terkait dengan layanan tamu berupa boarding pass di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin menggunakan sistem SITA technology, dimana penulisan waktu tidak menggunakan tanda titik (.) atau titik dua (:). Sebagai contoh penerbangan lainnya yang dilayani dari Makassar, dengan boarding pass terlampir dalam pernyataan media ini, sebagai berikut:
·
Batik Air ID-6196 Makassar – Sorong
tertera 0410 artinya STD 04.10 WITA.
·
Batik Air ID-6137 Makassar –
Surabaya tertera 1000 artinya STD 10.00 WITA.
·
Lion Air JT-0787 Makassar – Surabaya
tertera 1735 artinya STD 17.35 WITA.
·
Lion Air JT-0786 Makassar – Ambon
tertera 1210 artinya STD 12.10 WITA.
Keterangan: WITA= Waktu Indonesia Tengah, dimana Makassar sebagai kota
keberangkatan asal yang mengikuti dalam kategori pembagian waktu wilayah ini
(waktu setempat/ local time).
Dalam mempersiapkan penerbangan, Batik
Air menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk check-in lebih awal yaitu
paling tidak 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal
keberangkatan bandar udara. Counter check-in di bandar udara akan tutup
30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik dan 45 menit
sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional. Oleh karena itu, diharapkan seluruh tamu untuk
memperhatikan serta memahami dengan baik dan teliti setelah mendapatkan boarding
pass. Apabila ada hal yang belum jelas, dipersilakan dapat menanyakan
kepada petugas layanan darat Batik Air. (danang
mandala prihantoro/arifin)