Header Ads

Fakta di Balik Penemuan Bayi Laki-laki di Parit Pascatsunami

Mensos menggendong bayi yang ditemukan di parit
KOMPAS.com — Seorang balita laki-laki yang ditemukan di parit pasca-gempa magnitudo 7,4 akhirnya bisa berkumpul kembali bersama orangtuanya. Kabar gembira tersebut datang dari akun Instagram milik Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita pada Minggu (30/9/2018). Seperti diketahui, Mensos sempat menggendong bayi tersebut saat memberi penjelasan tentang kondisi gempa di Donggala dan tsunami di Palu.  Berikut fakta yang terungkap dari peristiwa tersebut.

 1. Bayi laki-laki ditemukan di parit pascatsunami Kondisi Palu, Sulawesi Tengah, dari ketinggian, setelah gelombang tsunami terjadi, Jumat (28/9/2018).(handout/BNPB) Pada Jumat (28/9/2018), gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Donggala dan tsunami menerjang Kota Palu. Warga panik dan lari berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.  Diduga terpisah dengan orangtuanya, seorang balita laki-laki ditemukan warga di sebuah selokan di Kota Palu. Bayi tersebut ditemukan dengan sejumlah luka di wajah dan kakinya. Warga pun segera menyerahkan bayi tersebut ke Polda Sulawesi Tengah.
kondisi Kota Palu pasca tsunami 

2. Mensos mendekap bayi laki-laki korban tsunami menjadi viral Foto yang memperlihatkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita tengah menggendong seorang balita korban gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah viral di jejaring Twitter, Sabtu (29/9/2018). Menteri Sosial Agus Gumiwang mendekap erat bayi laki-laki yang ditemukan di parit saat melayani wawancara dengan wartawan. Bayi laki-laki itu pun tampak melingkarkan tangannya dan terlelap di pundak sang menteri. Sejumlah wartawan sempat mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya ke media sosial. Salah satunya di akun Twitter milik presenter TV, Cheryl Tanzil. Foto tersebut diunggah Cheryl pada Sabtu (29/9/2018). "Adik kecil yg digendong Mensos ini terlepas dr orang tuanya saat tsunami di Palu. Ia ditemukan warga di saluran air & diobati, lalu diserahkan ke Polda Palu saat Panglima TNI meninjau langsung korban gempa Palu siang ini (29/9/2018). Jika ada yg kenal mohon hubungi Polda Palu," tulis Cheryl Tanzil. Baca Juga: 5 Fakta Gempa dan Tsunami Palu: Rebutan Makanan, Fenomena Tanah Bergerak, dan 832 Korban Jiwa 3. Mensos: "Bayi ini akan dirawat pemerintah hingga orangtuanya ditemukan"
      .
korban tusnami 
Bayi laki-laki itu pun tampak melingkarkan tangannya dan terlelap di pundak sang menteri. Sejumlah wartawan sempat mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya ke media sosial. Salah satunya di akun Twitter milik presenter TV, Cheryl Tanzil. Foto tersebut diunggah Cheryl pada Sabtu (29/9/2018). "Adik kecil yg digendong Mensos ini terlepas dr orang tuanya saat tsunami di Palu. Ia ditemukan warga di saluran air & diobati, lalu diserahkan ke Polda Palu saat Panglima TNI meninjau langsung korban gempa Palu siang ini (29/9/2018). Jika ada yg kenal mohon hubungi Polda Palu," tulis Cheryl Tanzil.
     
Bayi yang ditemukan pasca gempa 
Pada Minggu (30/9/2018), Mensos Agus memberikan kabar gembira terkait nasib bayi laki-laki yang sempat digendongnya melalui akun Instragramnya. Agus mengabarkan, bayi tersebut sudah bertemu dengan orangtuanya, dilansir dari Antara.  "Teman-teman sekalian alhamdulillah dan puji tuhan bayi lucu ini sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarganya, orangtuanya sudah ditemukan dan hidup. Terima kasih untuk doa tulus yang tiada henti dari teman-teman semua," tulis Mensos di akun Instragram @agusgumiwangk









Diberdayakan oleh Blogger.