Header Ads

Warga Senang, Upaya Cen Sui Lan Wujudkan Hunian Layak untuk Korban Longsor Serasan Terwujud

  Rumah untuk korban longsor Serasan sudah mulai dibangun. (Foto: dok.Kementerian PUPR)

 

NATUNA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah memulai program rehabilitasi dan rekonstruksi perumahan warga terdampak bencana longsor di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Ada sebanyak 100 unit hunian tetap (HUNTAP) berteknologi RISHA atau Rumah Instan Sederhana Sehat di lokasi permukiman yang lebih aman dan tangguh terhadap bencana.

“Terima Kasih Anggota DPR RI Ibu Cen Sui Lan bersama Bapak Basuki dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI gerak cepat langsung turun ke lokasi,” ujar Moel salah seorang warga di Serasan, Kamis (27/4/2023).

Program relokasi hunian dilakukan karena permukiman warga lama berada di zona merah kerentanan tinggi bencana longsor. Hunian HUNTAP yang baru akan dilengkapi dengan jaringan air bersih, sanitasi, dan mushola.

Saat ini, pembangunan RISHA telah mencapai tahap yang signifikan. Menurut keterangan staf lapangan yang disampaikan oleh Kementerian PUPR pada Kamis (27/4/2023), progres kemajuan pembangunan RISHA saat ini telah selesai dibangun 2 unit.

Kemudian 53 unit terpasang pondasi batu kali, dan masing-masing 1 unit telah terpasang sloof RISHA dan pasangan rangka baja ringan dan dinding bata. Keseluruhan 100 unit HUNTAP RISHA ditargetkan siap digunakan akhir Juni 2023.

Sebelum program relokasi hunian dilaksanakan, Kementerian PUPR telah melakukan penanganan tanggap darurat bencana longsor di Natuna dengan mengerahkan alat berat untuk membantu proses evakuasi, pembersihan lumpur, dukungan sarana dan prasarana bagi pengungsi, serta membuka jalur terdampak longsor. (blog.censuilan.com/melayupedia.com)

Diberdayakan oleh Blogger.