Header Ads

Penilaian RBA 2023, Jefridin : Apresiasi Kehadiran Forum Anak Batam

Batam-Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan ruang kepada anak-anak di Kota Batam untuk berpartisipasi dalam membangun daerah. Partisipasi itu dalam bentuk memberikan masukan dan gagasan.Seperti halnya yang dilakukan dalam rapat pemeriksaan penilaian standarisasi dan sertifikasi ruang bermain anak (RBA) tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Perempian dan Anak.

Sebagai wujud kepedulian Pemko Batam bahwa anak-anak ikut menjadi bagian penentu pembangunan Kota Batam dalam mewujudkan kota modern dan madani tentu yang ramah anak.

Hal ini disampakan, Sekretaris Daerah (Sekda) Jefridin dalam rapat penilaian standarisasi dan sertifikasi RBA Kota Batam di Ruang rapat Sekda Lt. II, Rabu, (8/8/2023).

“Anak merupakan penerus bangsa, saya senang mereka dapat hadir disini dari perwakilan Forum Anak Batam (FAB) ikut berpartisipasi untuk membangun Kota Batam bersama,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa Forum Anak harus dilibatkan dalam setiap kegiatan, agar mereka dapat belajar berorganisasi dan lebih peduli terhadap pembangunan dan kepentingan anak-anak di kota Batam.

“Dengan keterlibatan anak, juga memiliki peran penting untuk memastikan teman-temannya aman, dari situ mereka akan bersuara dan menyampaikan permasalahan yang menyangkut pada anak-anak,” jelasnya.

Seperti diketahui bersama bahwa FAKB merupakan perwakilan bagi anak-anak di Kota Batam, sebagai agen perubahan serta sebagai Pelopor dan Pelapor (2P).

Sementara itu, salah satu pengurus Forum Anak Kota Batam, Widia Sesa, berbagi pengalamannya mengikuti kegiatan rapat penilanan RBA tahun 2023, Ia mengaku senang bisa terlibat dalam penilaan sertifikasi RBA.

“Saya senang Pemko melibatkan kami dalam agenda rapat hari ini, sebagai komitmen, kami akan memberikan bukti nyata kami sebagai FAKB untuk berkontribusi demi kemajuan Kota Batam sebagai Kota Layak Anak,” terang Widya.

Ia juga menyatakan harapannya agar Pemko Batam selalu melibatkan FAKB, misalnya di kegiatan-kegiatan Musrembang tingkat kecamatan dan kelurahan, MTQ, STQ, Rapat tentang Sekolah Ramah Anak, Masjid Ramah, Puskesmas Ramah Anak dan lain sebagainya.

“Dengan diikut sertakannya kami dalam agenda rapat ini, kami jadi menyadari begitu besarnya perhatian Pemko Batam dalam memenuhi hak-hak kami sebagai anak,” tutupnya. (mcb)

Diberdayakan oleh Blogger.