Header Ads

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Bea Cukai Batam Asistensi Pengusaha UMKM di Kota Batam

 

Batam (27/10) – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pilar penting dalam usaha pemulihan perekonomian nasional Indonesia pasca pandemi COVID-19. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa pengembangan dan pemberdayaan UMKM merupakan hal yang sangat penting bagi perekonomian global. Menurutnya, hal ini karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian dunia. Bagi Indonesia, pemulihan dan kinerja perekonomian sebagian besar disumbangkan oleh pemulihan UMKM. Per 16 September 2022, Pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp. 64,68 Triliun untuk dukungan UMKM dan korporasi.

“Indonesia memiliki 64 juta UMKM yang mewakili 99% dari total kegiatan bisnis. Mereka bahkan menyerap 97% lapangan kerja dan menyumbang 60% dari PDB kita,” jelas Sri Mulyani.

Namun dalam meningkatkan ekspor UMKM ternyata masih menghadapi berbagai tantangan, diantaranya kurangnya akses pasar, kurangnya sumber daya manusia yang terampil, kurangnya penggunaan teknologi yang lebih maju, dan juga keterbatasan akses ke layanan keuangan. 

Menjawab tantangan tersebut, Bea Cukai Batam hadir memberikan asistensi kepada UMKM. Salah satunya kepada UMKM Kampung Resepi, yang bergerak di bidang food and beverage yaitu produk makanan ringan berupa Semprong.

Sabaruddin R. Pasaribu selaku Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan Bea Cukai Batam memberikan asistensi terkait kepabeanan dalam impor barang baku pembuatan dan ekspor produk yang telah jadi.

“Kami terus mensupport UMKM di kota Batam, dan membantu bapak dan ibu mengatasi tantangan dalam ekspor barang. Dari pihak UMKM sendiri pun kami berharap untuk jangan berpuas diri dengan kondisi sekarang dan terus mengembangkan UMKM miliknya. Kami Bea Cukai Batam akan selalu mendukung bapak ibu mengembangkan potensi ekspor,” Ujar Sabaruddin.

“Kami sangat berterimakasih atas kehadiran Bea Cukai Batam untuk mengasistensi kami terkait ekspor barang kami. Kami berharap juga untuk dapat dibantu dalam perluasan pasar kami, melalui branding Bea Cukai Batam.” Ujar Valentino, Pemilik UMKM Kampung Resepi. (bcbatam/Alviano Ade Irawan)

Diberdayakan oleh Blogger.