Header Ads

Mulai 30 November 2020! Wings Air Terbang Langsung dari KUPANG ke LEWOLEBA

 Tarif Fantastis Rp 400.000

Keterangan pendukung: Wings Air tipe pesawat ATR 72-600 di area Bandar Udara Eltari, Kupang (KOE).  Foto oleh Maulana Arif Sincan


 

sinarkepri.co.id.K U P A N G – 16 November 2020. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group mengumumkan rencana pembukaan rute baru dari Kupang melalui Bandar Udara Eltari (KOE)  ke Bandar Udara Wonopitu, Lewoleba, Kabupaten Lembata (LWE), berlaku pada 30 November 2020. Kedua kota tersebut berada di Nusa Tenggara Timur (NTT).   Wings Air di tahap awal berencana melayani penerbangan penumpang berjadwal harian dengan frekuensi 1 (satu) kali setiap hari atau 7 (tujuh) kali dalam seminggu. Untuk terbang perdana, Wings Air penerbangan nomor IW-1995 akan mengudara dari Bandar Udara Eltari pukul 10.40 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan dijadwalkan mendarat di Bandar Udara Wonopitu pada 11.40 WITA.

 

Rute kembali, Wings Air penerbangan IW-1994 memiliki waktu keberangkatan dari Bandar Udara Wonopitu pada 12.00 WITA dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Eltari pukul 13.00 WITA. Pnawaran fantastis rute baru ini mulai dari 400 ribuan (Rp. 400.000) sekali jalan (one way).

 Kehadiran layanan penerbangan kedua kota secara pergi pulang (PP) akan menjadikan Lewoleba sebagai rute dan kota tujuan baru Wings Air. Dengan demikian, diharapkan mampu membentuk konektivitas intra-NTT sejalan upaya membantu pemerataan pusat pertumbuhan ekonomi baru.  Tujuan utama kehadiran rute baru dimaksud dalam rangka mengakomodir kebutuhan perjalanan udara di dalam negeri, meningkatkan tren pasar (pebisnis dan wisatawan) bepergian menggunakan pesawat udara, mengembalikan minat dan kepercayaan masyarakat untuk terbang, mendukung program pemerintah dalam menggeliatkan sektor pariwisata.   Lewoleba ibukota Kabupaten Lembata mendapat sebutan “surga kecil di NTT”, karena menyuguhkan beragam atraksi objek wisata mulai dari alam, bahari, kebudayaan lokal, aneka produk kerajinan dan masih banyak lagi.

Selain itu, pembukaan rute baru menjadi bagian salah satu ekspansi bisnis Wings Air dalam mengembangkan pasar penerbangan domestik. Wings Air juga menyampaikan, melalui Kupang pada 24 November 2020 akan membuka rute baru Kupang ke Ruteng di Pulau Flores pergi pulang.   Untuk mewujudkan rute baru Lewoleba dan Ruteng dari Kupang, Wings Air berkomitmen tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan, kenyamanan serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

 Wings Air mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat, regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, berbagai pihak terkait lainnya dan internal perusahaan atas kerjasama dan koordinasi dalam mempersiapkan pelaksanaan rute baru tersebut. Harapan, dapat berjalan dengan lancar.   Dalam layanan penerbangan, Wings Air mengoperasikan pesawat bermesin jenis baling-baling (propeller)  ATR 72-500 dan ATR 72-600. Kenyamanan lebih terasa karena dilengkapi interior yang dirancang lebih futuristik, sehingga penumpang dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja atau hanya menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan karena pesawat mampu terbang rendah.

 Sirkulasi Udara di Kabin Terjaga Baik

Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Dalam hal ini, bagian kesungguhan terhadap kesehatan karyawan serta penumpang, sejalan upaya memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.  Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) sesuai proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation).   Volume udara kurang lebih 95 meter kubik di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit dengan mengandalkan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.

Wings Air memaksimalkan berbagai langkah guna pencegahan penyebaran Covid-19 antara lain mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal ini akan meminimalsir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.   Dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat). (danang mandala prihantoro)

 

 

 

 

 


Diberdayakan oleh Blogger.