Header Ads

Marlin Kunjungi Anak PAUD di Bulang Kebam

Media Center Batam – Sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi tak hanya memperhatikan anak-anak di pulau utama (mainland). Anak-anak di pulau penyangga atau hinterland pun tetap mendapat perhatian Marlin. Seperti yang terlihat di Pulau Bulang Kebam, Kelurahan Bulang Lintang, Kecamatan Bulang, Selasa (25/8).
         Marlin hadir di tengah anak-anak PAUD Bulang Kebam. Meskipun di pulau tersebut hanya terdapat 10 anak PAUD. Sebanyak 5 orang belajar dan bermain di taman kanak-kanak (TK). Dan 5 anak lainnya di kelompok bermain (play group).   “Anak usia dini se-Kota Batam ini adalah anak saya. Sebagai Bunda PAUD saya punya program di antaranya kunjungan kerja ke pos-pos PAUD, TK, kelompok bermain di Batam. Dan hari ini saya berkunjung di Bulang Kebam untuk bertemu dengan anak-anak saya di sini,” tutur Marlin.    Pertemuan Marlin dengan anak-anak usia dini ini berlangsung di TK-SDN Satu Atap 004 Bulang. Pada kesempatan tersebut, istri Wali Kota Batam, Muhammad Rudi ini pun tampak bahagia bermain dengan anak-anak.
         Ia bernyanyi bersama putra-putri Bulang tersebut. Interaksi pun terjadi di antara Marlin dan anak-anak ini. Satu per satu, Marlin tanyakan cita-citanya. Kemudian ia pun tak lupa memberikan bingkisan untuk mereka. Isinya antara lain buku bacaan dan susu.  “Bermain dengan anak-anak ini menyenangkan Bapak Ibu. Bisa buat kita bahagia, tertawa. Maka sering-seringlah Bapak Ibu bermain dengan anak,” pesannya.
       Marlin menjelaskan, tugasnya sebagai Bunda PAUD antara lain mendidik dan melihat perkembangan anak usia dini di Kota Batam. Namun tidak dengan menanganinya secara langsung sehari-hari. Melainkan melalui tenaga pendidik atau guru yang ada di PAUD masing-masing.
“Kami mengadakan program peningkatan kualitas pendidik. Karena anak usia dini ini betul-betul perlu pendampingan. Beda dengan anak SD atau SMP. Di TK ini anak bukan diajar untuk membaca, tapi untuk bersosialisasi, membentuk karakter anak. Jadi tak boleh kita marah-marah atau memaksa, karena ini dunia anak, dunia bermain,” ujarnya.
          Di masa pandemi corona virus disease (covid-19) ini, sambung Marlin, anak-anak belajar di rumah. Maka sekarang yang jadi guru adalah ibunya. Maka seorang ibu juga harus meningkatkan kualitas wawasan pengetahuan untuk modal mengajar anak di rumah.   “Jaga baik-baik anak ini. Luangkan waktu siang atau malam, dua jam, untuk anak-anak ini, membacakan buku, bercerita, atau mendengarkan cerita anak. Agar tumbuh kedekatan emosional kita dengan anak kita,” kata Marlin.
Kepala TK-SDN Satu Atap 004 Bulang, Sigro Prayitno mengatakan di komplek tersebut terdapat tiga lembaga yaitu TK, SDN 004 Bulang, dan SMPN 46 Kota Batam.
        “Yang awal berdiri adalah SDN 004, sekarang siswanya sebanyak 141 orang dengan 12 guru. Menyusul TK satu atap, yang tahun ini jumlah siswanya 10 anak, terdiri dari 5 anak TK dan 5 anak kelompok bermain, dengan tiga guru atau tenaga pendidik. Selanjutnya SMPN 46 saat ini terdapat 68 siswa dengan 9 guru,” paparnya. (MCB)
Diberdayakan oleh Blogger.