Header Ads

Batik Air Resmi Melayani “Kota Berair”

Satu-Satunya Maskapai Terbang dari Soekarno-Hatta ke Luwuk



sinarkepri.co.id. LUWUK – 26 Mei 201. 9. Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan penerbangan perdana rute dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) ke Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk, Sulawesi Tengah (LUW).
Batik Air terbang tepat waktu (on time) menggunakan nomor ID-6290. Pesawat Airbus 320-200CEO registrasi PK-LUP lepas landas pukul 02.05 WIB dan mendarat mulus pukul 06.05 WITA di Luwuk. Rute penerbangan kembali, Batik Air memiliki waktu keberangkatan dari Luwuk pada 17.00 WITA bernomor ID-6291 dan mendarat di Soekarno-Hatta pukul 19.00 WIB.
       Peresmian inagurasi di Terminal 2E Soekarno-Hatta dan Luwuk dilaksanakan oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Petahana H. Longki Djanggola; Bupati Kabupaten Banggai, Herwin Yatim; Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie; Operations Director, Capt. Zwingly Silalahi; Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo; Kepala Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk, Alex Rudi Nainggolan; Kapolres Banggai, AKBP Moch. Sholeh dan Ketua Banggai Tourism Board (BTB), Dino Gobel.Setibanya di Luwuk, Batik Air mendapatkan sambutan hangat dengan tarian tradisional, pemotongan pita dan pelepasan seekor merpati. Penyambutan ini sekaligus tanda dibuka penerbangan non-stop yang ditempuh dalam durasi berkisar tiga jam.
       Hari ini merupakan bagian tonggak sejarah penting Batik Air mengembangkan pasar potensial, menjangkau destinasi favorit dan memenuhi permintaan pasar perjalanan di dalam negeri, diikuti tren jalan-jalan saat ini (millennials traveling).  Batik Air sangat bangga memperkenalkan rute baru domestik yang dilayani pergi pulang serta menempatkan sebagai maskapai pertama dan satu-satunya saat ini yang melayani langsung dari Soekarno-Hatta ke Luwuk. Di Sulawesi Tengah, Luwuk adalah destinasi kedua dilayani oleh Batik Air setelah Palu.Bersamaan terbang pertama tersebut, Batik Air juga meresmikan inaugural flight Luwuk ke Makassar dengan mengoperasikan pesawat yang sama. Penerbangan ID-6293 lepas landas pukul 06.45 WITA dan pesawat mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (UPG) pada 08.00 WITA. Rute sebaliknya, Batik Air bernomor ID-6292 berangkat dari Makassar pada 15.00 WITA dan tiba pukul 16.15 WITA di Luwuk.
      Pada tahap awal, Batik Air menawarkan masing-masing dua kali frekuensi terbang dalam sehari pergi pulang (PP). Batik Air akan selalu melakukan pengkajian pasar (market review) bersama pelaku bisnis terkait. Optimis, melalui kolaborasi strategis dan tepat sasaran, diproyeksikan target isian penumpang (load factor) bisa mencapai lebih dari 75%. Apabila mendatang rute ini memberikan peluang positif, maka berpotensi akan menambah jaringan baru ke kota lain atau memperkuat rute penerbangan. Batik Air menyampaikan apresiasi penuh atas antusiasme para tamu pertama di kedua rute. Batik Air juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat mendukung dalam upaya memperlancar pelaksanaan penerbangan perdana di kategori premium services airlines. Dalam operasional, Batik Air selalu mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan.
      Tersedianya penerbangan langsung, bagi travelers dari berbagai kota bisa memanfaatkan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta menjadi pilihan transit untuk terbang ke Luwuk.  Terhubungnya Luwuk menuju dua kota favorit akan menawarkan travelers koneksi perjalanan (connecting flight) terbaik bersama Lion Air Group. Upaya ini memberikan nilai tambah khususnya mempersingkat waktu, efektif dan lebih terjangkau akses antardestinasi.Untuk koneksi penerbangan lebih banyak lagi, travelers dari Luwuk dan sekitar bisa terhubung dari kedua bandar udara tersebut ke Medan, Batam, Palembang, Lampung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Kupang, Labuan Bajo, Balikpapan, Tarakan, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke. Selain itu, travelers berkesempatan bisa melanjutkan ke destinasi unggulan seperti Batulicin, Bau-Bau, Bima, Luwuk, Mamuju, Palangkaraya, Palopo, Poso, Raha, Selayar dan Wangi-Wangi.
      Batik Air menilai, rute Luwuk ke Soekarno-Hatta dan Makassar akan melengkapi pilihan jadwal penerbangan terbaik di kalangan travelers. Oleh karena itu, Batik Air mengajak segera merencanakan perjalanan lebih awal dan menemukan berbagai tujuan wisata mempesona di koridor ekonomi Sulawesi. Travelers dapat menikmati nuansa budaya lokal yang ramah, nyaman, tenang di tepian pantai yang menghadap sebelah utara Teluk Tomini serta sebelah timur Laut Maluku dan Kabupaten Banggai Kepulauan. Luwuk juga mempunyai icon Taman Sehati yaitu menyaksikan tarian khas tari Molabot Umapos lengkap musik tradisonal. Untuk menyempurkankan traveling, berada di Bukit Keles adalah spot terbaik untuk kuliner. Paling terkenal yaitu lopis – makanan dari ketan yang disiram kuah gula aren dan taburan kelapa muda atau mencicipi pisang lowe yang dicocol sambel terasi dengan ditemani secangkir saraba hangat.
       Komitmen Batik Air ialah menyediakan pelayanan terbaik dan menambahkan kenyamanan tamu saat berada di pesawat (in-flight services) serta berupaya memperkuat pengalaman terbang bagi setiap tamu berkonsep pre-flight, in-flight serta post-flight.  Batik Air memiliki kesungguhan mengembangkan konsep full-service seiring memperkuat jaringan domestik dan internasional. Hingga kini Batik Air melayani lebih dari 46 destinasi domestik dan internasional ke Singapura; Chennai, India; Perth, Australia serta Guilin dan Kunming di Tiongkok, frekuensi penerbangan mencapai lebih dari 350 perhari.
Batik Air mencatatkan rata-rata tingkat kinerja ketepatan waktu (on time performance/ OTP) 92.63%. Kekuatan armada terdiri dari 43 Airbus 320-200CEO (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi), enam Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi) serta delapan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi). )danang mandala prihantoro/arifin)

*) Untuk pernyataan ini, rekan media dapat menggunakan kutipan dari narasumber Chief Executive Officer (CEO) of Batik Air, Capt. Achmad Luthfie.

Informasi Penerbangan Lion Air Group di Luwuk (LUW)
Maskapai & Rute
Frekuensi Terbang
Wings Air

Luwuk – Palu
2 kali per hari
Luwuk – Manado
1 kali per hari
Luwuk – Makassar
1 kali per hari
Batik Air

Luwuk – Soekarno-Hatta, Tangerang*)
1 kali per hari
Luwuk – Makassar*)
1 kali per hari

Informasi Penerbangan Batik Air di Sultan Hasanuddin (UPG)
Rute
Frekuensi Terbang
Makassar – Ambon
2 kali per hari
Makassar – Soekarno-Hatta, Tangerang
8 kali per hari
Makassar – Jayapura
1 kali per hari
Makassar – Gorontalo
1 kali per hari
Makassar – Jakarta Halim Perdanakusuma
2 kali per hari
Makassar – Kendari
1 kali per hari
Makassar – Marauke
1 kali per hari
Makassar – Manokwari
1 kali per hari
Makassar – Palu
2 kali per hari
Makassar – Sorong
2 kali per hari
Makassar – Surabaya
2 kali per hari
Makassar – Samarinda
1 kali per hari
Makassar – Ternate
1 kali per hari
Makassar – Luwuk*)
1 kali per hari

Informasi Penerbangan Batik Air di Soekarno-Hatta (CGK)
Rute
Frekuensi Terbang
Soekarno-Hatta – Banda Aceh
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Medan Kualanamu
7 kali per hari
Soekarno-Hatta – Silangit
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Batam
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Jambi
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Padang
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Pekanbaru
4 kali per hari
Soekarno-Hatta – Palembang
3 kali per hari
Soekarno-Hatta – Tanjung Pandan, Belitung
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Lubuk Linggau
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Tanjung Karang, Lampung
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Semarang
5 kali per hari
Soekarno-Hatta – Yogyakarta
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Surabaya
9 kali per hari
Soekarno-Hatta – Denpasar
4 kali per hari
Soekarno-Hatta – Lombok
5 kali per hari
Soekarno-Hatta – Labuan Bajo
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Kupang
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Pontianak
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Palangkaraya
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Banjarmasin
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Balikpapan
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Tarakan
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Samarinda
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Makassar
8 kali per hari
Soekarno-Hatta – Kendari
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Palu
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Gorontalo
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Manado
6 kali per hari
Soekarno-Hatta – Ternate
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Sorong
3 kali per hari
Soekarno-Hatta – Manokwari
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Jayapura
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Merauke
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Singapura
3 kali per hari
Soekarno-Hatta – Kuala Lumpur
2 kali per hari
Soekarno-Hatta – Luwuk *)
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Penang **)
1 kali per hari
Soekarno-Hatta – Yogyakarta International Airport **)
1 kali per hari
*) rute baru efektif 26 Mei 2019
**) rute baru efektif 29 Mei 2019


=====================================================================





Wings Air Proving Flight Batam ke Tanjung Balai Karimun
Melakukan Uji Kemampuan Pesawat dan Pengkajian Pasar di Wilayah Kepulauan Riau



sinarkepri.co.id. TANJUNG BALAI KARIMUN 23 Mei 2019. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group memberikan informasi terbaru terkait pelaksanaan uji coba terbang awal (proving flight) pada hari ini yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (BTH) tujuan Bandar Udara Raja Haji Abdullah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (TJB), bahwa telah berlangsung tepat, baik dan berjalan lancar. Operasional tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety, security, comfort first). Dalam proving flight ini, Wings Air membawa empat kru; dua flight operation officer (FOO) dan perwakilan dari Regional Manager Lion Air Group.
        Wings Air mengoperasikan salah satu armada tipe ATR 72-600 registrasi PK-WHV. Pesawat lepas landas dari Batam pukul 13.05 WIB dan tiba di Tanjung Balai Karimun pada 13.30 WIB. Penerbangan kembali, berangkat pada 14.25 WIB dan sudah mendarat dengan mulus di Batam pukul 14.50 WIB. Total waktu tempuh sekali jalan berkisar 25 menit. Tujuan utama proving flight merupakan bagian langkah strategis perusahaan dalam upaya melakukan pengkajian pasar dan potensi layanan penerbangan berjadwal, salah satunya sektor pariwisata di Kepulauan Riau. Selain itu, Wings Air menguji kemampuan (kapabilitas) pengoperasian pesawat ATR di bandar udara Tanjung Balai Karimun. Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama kru pesawat, pengelola bandar udara, pengelola lalu lintas udara dan pihak terkait yang mendukung penuh operasional hari ini sehingga proving flight terlaksana secara tepat.
      Wings Air menyambut baik keberadaan pintu udara di Tanjung Balai Karimun, yang memiliki panjang landas pacu (runway) 1.400 meter sebagai komersial (sipil). Diharapkan apabila setelah dilakukan proving flight dan market review, Wings Air bisa melayani rute berjadwal di Tanjung Balai Karimun, maka akan memberikan alternatif baru perjalanan udara sejalan tren era kekinian (millennials traveling), mempermudah akses dan mendukung pertumbuhan ekonomi baru di wilayah kepulauan serta memperkuat konektivitas antardaerah.  Sebagai informasi, Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun berada di jalur lalu lintas perdagangan dunia Selat Malaka yang terletak di tenggara Singapura. Kawasan ini menonjolkan kekuatan sektor pariwisata unggulan terdiri bahari (pantai), gugusan kepulauan, kebudayaan lokal, alam dan bangunan bersejarah.  Wings Air yang berperan feeder menjadikan Batam sebagai salah satu kota penghubung (hub) dengan beroperasi 10 frekuensi harian pergi pulang (PP). Layanan ini menunjukkan Wings Air dan maskapai Lion Air Group berperan menyediakan akses sesuai bagian dari konsep Komponen Daerah Tujuan Wisata 3A yaitu aksesibilitas (access).
     Lion Air, Wings Air dan Batik Air saat ini sudah melayani penerbangan dengan frekuensi 56 regular flight berangkat dan datang (PP) setiap hari melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim. Layanan tersebut menawarkan nilai tambah bagi traveler karena Lion Air Group tercipta kemudahan perjalanan lanjutan yang saling terhubung (connecting flight) ke beberapa kota tujuan, antara lain Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Dumai, Letung, Natuna, Rengat, Tanjung Pinang, Jambi, Kerinci, Palembang, Pangkalpinang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Denpasar, Lombok, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok.
      Dalam mempersiapkan perjalanan semakin menyenangkan, travelers dapat memulai rencana penerbangan lebih awal. Wings Air menghadirkan layanan menurut kebutuhan, apabila akan membawa bagasi maka dapat membeli. Sebaliknya, jika bepergian tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.
Bagi travelers yang akan membawa bagasi bisa membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Travelers juga bisa membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), dengan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan. Ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) sesuai ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin. (danang mandala prihantoro/arifin)

*) Untuk pernyataan ini, rekan media dapat menggunakan kutipan dari narasumber Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro.


Jaringan Penerbangan Lion Air Group di Batam
Rute Lion Air
Frekuensi Terbang
Batam – Medan Kualanamu
5 kali per hari
Batam – Padang
3 kali per hari
Batam – Pekanbaru
3 kali per hari
Batam – Palembang
1 kali per hari
Batam – Pangkalpinang
1 kali per hari
Batam – Tanjung Karang
1 kali per hari
Batam – Jambi
1 kali per hari
Batam – Pontianak
2 kali per hari
Batam – Soekarno-Hatta, Tangerang
3 kali per hari
Batam – Bandung
1 kali per hari
Batam – Semarang
1 kali per hari
Batam – Yogyakarta
1 kali per hari
Batam – Surabaya
3 kali per hari
Rute Wings Air

Batam – Tanjung Pinang
1 kali per hari
Batam – Natuna
1 kali per hari
Batam – Rengat
4 kali per minggu
Batam – Dumai
1 kali per hari
Batam – Letung
4 kali per minggu
Batam – Bengkulu
1 kali per hari
Rute Batik Air

Batam – Soekarno-Hatta, Tangerang
1 kali per hari
Batam – Jakarta Halim Perdanakusuma
1 kali per hari


























Diberdayakan oleh Blogger.