Header Ads

Saptono SH, Sarat Pengalaman di Berbagai Organisasi Siap Mengabdi untuk Rakyat

Saptono SH calon DPRD kota Batam dapil 4 Sagulung
sinarkepri.co.id.Batam-Pemilu 2019 baik pemilihan legislatif  untuk Kota/Kabupaten, Provinsi,    DPR, DPD hingga ke pemilihan Presiden/wakil presiden, tinggal dalam hitungan bulan. Sejumlah caleg,  telah mempersiapkan diri, jauh sebelum penetapan daftar calon legislatif. Khusus di Batam pertarungan menduduki kursi DPRD cukup ketat.  Ratusan caleg dari 16 partai akan memperebutkan jatah 50 kursi DPRD kota Batam.    Untuk Pemilu 2019 ini, Batam dibagi menjadi 6 daerah pemilihan (Dapil),  meliputi dapil 1 Lubuk Baja-Batam kota,  dapil 2 Kecamatan Batu Ampar-Bengkong, dapil 3 Kecamatan  Sei Beduk-Galang-Bulang, Nongsa, dapil 4 Kecamatan Sagulung, dapil 5 Kecamatan Batu Aji dan dapil  6 Kecamatan Sekupang-Belakang Padang.
         Dari ratusan caleg 6 dapil diatas untuk DPRD kota Batam, diketahui banyak wajah-wajah baru yang maju disamping petahana dari 16 partai. Meski banyak wajah baru, namun kiprah mereka sudah dikenal dan berpengalaman di bidang sosial kemasyarakatan. Untuk daerah pemilihan (dapil) 4 Sagulung, menurut data yang tercantum di KPUD Batam, ada sekitar 135 caleg yang akan bertarung memperebutkan 9 kursi.  Salah satunya, Saptono SH caleg dari Partai Hanura yang maju dari daerah pemilihan 4 Kecamatan Sagulung dengan nomor urut 2.  Saptono SH, kelahiran Banjarnegara tahun 1982 itu, sudah dikenal luas masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Sagulung.   Kiprah atau perannya di berbagai  organisasi yang digelutinya  selama ini,  diakui sejumlah elemen masyarakat.    
Abdul Muis. tokoh masyarakat Banjar
Salah satu tokoh masyarakat Banjar di Batam Abdul Muis menjelaskan, sosok Saptono merupakan refsentativ generasi muda kreatif yang sarat dan berpengalaman di berbagai organisasi pantas didukung untuk menjadi DPRD Batam.
Dikatakan, Ia mudah beradaptasi dengan siapa saja yang ditemui dan menwarkan solusi, jika ada permasalahan.  Hal itu memang dilakukan Saptono, kata Abdul Muis melihat latar belakangnya di berbagai organisasi kemasyarakatan. Saat ini, Saptono duduk sebagai pengurus di LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Provinsi Kepri dengan jabatan Sekretaris. Pengalamannya  di berbagai organisasi cukup mumpuni sehingga nantinya jika duduk sebagai anggota DPRD Batam akan mampu  memperjuangkan kepentingan masyarakat banyak.  Sejumlah organisasi yang pernah digelutinya antara lain, Ketua DKC Kwarcab di tanah kelahiranya Banjarnegara.  Ketua Rw 05 Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Ketua Masjid Annur Kavling Bukit Melati Sei Pelunggut 2014-2017, Ketua LPM Kelurahan Sei Pelunggut 2014-2017, Sekretaris DPD LPM Provinsi Kepri 2018-sekarang.  DPD LBH LPM Provinsi Kepri.
        Lebih menarik dan spesifik dari sosok Saptono ini, ia bergaul akrab dengan semua lintas suku dan golongan tanpa membeda-bedakan asal usulnya.  Sehingga kepada siapa saja, ia bisa diterima.  Hal ini terlihat dari kartu namanya yang tertera filosofi suatu etnis.  Misalnya filosofi suku batak, dalam kartu nama Saptono terselip  tulisan  "Jonok Partubu, Unjonokan Parhutdul"   Yang artinya, walau dekat dengan golongannya  (yang dalam bahasa batak disebut satu marganya) namun lebih dekat kepada lingkungan dimana ia berada.  Hal itu bermakna, Saptono menganut faham bergaul dengan siapa saja di lingkungannya tanpa membeda-bedakan asal usul atau latar belakangnya.  Hal inilah yang membuat sosok Saptono dapat diterima elemen masyarakat yang mengenalnya dan diyakini maju sebagai calon DPRD Batam untuk mengabdi kepada kepentingan rakyat banyak,  khususnya masyarakat Kecamatan Sagulung yang diwakilinya. (arifin)
Diberdayakan oleh Blogger.