Header Ads

Tembus Rp 1 Miliar Peredaran Uang di Event Asparnas Kepri Fest 2021

 

Foto: Diskominfo Kepri

sinarkepri.co.id.Tanjungpinang- Festival Asparnas Kepri Fest 2021 mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, setidaknya dalam event ini perputaran uang selama sepekan di TCC Mall Tanjungpinang tembus Rp 1 miliar rupiah.

Festival Asparnas Kepri Fest ini dilaksanakan selama sepekan mulai 12-18 Desember kemarin malam. Asparnas Kepri mengkonsep event ini bersatu padu untuk memulihkan sektor dunia pariwisata dan ekonomi. Dalam event pertama ini, Asparnas merangkul seluruh sektor untuk berkolaborasi, seperti pelaku pariwisata, seniman, budayawan, UMKM dan dunia pendidikan.

Festival Asparnas Kepri Fest ini selain mempromosikan sektor pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau juga memberi dukungan dan semangat terhadap para UMKM yang mengalami keterpurukan akibat Pandemi Covid-19.  Ketua DPD Asparnas Kepulauan Riau, Mulyadi Tan menegaskan, bahwa Event Asparnas Kepri Fest 2021 ini tidak hanya sekedar hiburan atau seremonial saja, melainkan output yang diharapkan dapat untuk membantu pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memulihkan perekonomian dan sektor pariwisata.

Pria yang biasa disapa Ahi ini menuturkan, selama pelaksanaan event Asparnas Kepri Fest 2021 dirinya secara pribadi merasa bangga dan terharu melihat para UMKM yang penuh semangat  dan antusias berjualan, bahkan katanya, para UMKM pagi-pagi sudah berjualan.   “Ada beberapa teman-teman UMKM secara langsung mengucapkan terima kasih kepada saya, karena dagangan mereka habis terjual dan meraih omset lebih. Mereka pun mengungkapkan selama ini tidak pernah mendapatkan omset sebesar itu, tentunya rasa haru dan bangga lah mendengarnya,” sebut Ketua DPD Asparnas Kepri, Mulyadi Tan, Minggu (19/12).

Ia menjelaskan, berdasarkan catatan panitia divisi UMKM DPD Asparnas Kepri di hari pertama pembukaan event Asparnas Kepri Fest 2021 para UMKM yang berjualan meraih omset rata-rata Rp 1 juta lebih, bahkan ada yang belasan juta.  “Saya juga tak menyangka event ini mampu menarik perhatian masyarakat, dan pengunjung TCC Mall Tanjungpinang sampai membludak. Perkiraan saya perputaran uang selama sepekan hampir Rp 1 miliar,” ucapnya.

Ahi melanjutkan, dirinya pribadi dan selaku ketua DPD Asparnas Kepri bersama Suherman Djie sebagai Ketua Panitia Kegiatan, memberikan dukungan penuh kepada setiap divisi Asparnas Kepri untuk berkreasi dan berinovasi dalam acara Asparnas Kepri Fest 2021.   “Saya merasa bangga teman-teman Asparnas sangat aktif mengeksplor kemampuan masing-masing, sehingga selama sepekan event padat dengan kegiatan,” ujarnya.

Selain itu, katanya, di event Asparnas Kepri Fest peserta UMKM dan masyarakat juga dapat menimba ilmu dalam kegiatan workshop dan talkshow dari setiap bidang. Misalnya workshop media marketing, fotografi, pemgembangan sektor pariwisata, tentang kecantikan dan lainya. Kemudian, selama sepekan Asparnas juga menampilkan beberapa rangkain kesenian dari berbagai budaya atau adat. 

Kemudian, ia menyampaikan, dalam menyambut wisatawan mendatang, Asparnas Kepri juga sudah merangkul pihak investor untuk menyiapkan alat test PCR, tentunya dengan harga yang murah dan waktu yang cepat.  “Alat test PCR standar yang ditentukan WHO, hasilnya cepat hanya 50 menit saja, tentunya itu tergantung pemerintah daerah dan pihak terkait lagi,” sebutnya.

Mulyadi Tan mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kepulauan Riau, serta pihak lainnya yang sudah mendukung penuh, sehingga Event Asparnas Kepri Fest berjalan dengan lancar dan sukses. Dirinya menambahkan, kedepannya Asparnas Kepri akan mengkonsep event yang lebih besar lagi.  “Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam event ini, karena ini yang pertama, kedepannya kita konsep lebih bagus dan meriah lagi. Saya juga memberi apresiasi kepada seluruh anggota Asparnas Kepri yang sudah bekerja keras demi event ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Asparnas Kepri Fest 2021, Suherman Djie menyampaikan, selama sepekan pelaksanaan Asparnas Kepri Fest ini memberikan dampak yang sangat positif bagi semua pihak, dan memberikan suatu gairah bagi perekonomian di kota Tanjungpinang khususnya.  “Melalui event ini tentunya mall yang selama ini lesu akibat Covid-19 kembali tumbuh lagi, bahkan selama sepekan event kemarin, kendaraan pengunjung sampai keluar area mall, omset di TCC Mall juga meningkat,” sebutnya. 

Suherman berharap, setelah event Asparnas Kepri Fest ini, UMKM di Provinsi Kepulauan khususnya kota Tanjungpinang kembali semangat dan penunjang sektor pariwisata lainnya kembali bangkit. “Semoga dengan event Asparnas Kepri Fest ini menjadi suatu simbol kekuatan pariwisata kepri bangkit lagi,” tegasnya.

Kemudian ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia Asparnas yang selalu kompak. Selain itu, dirinya selaku ketua Panitia merasa bangga dengan segala keterbatasan, seluruh panitia Asparnas selalu solid dan memberikan yang terbaik di event tersebut. “Semoga kedepannya kita kemas event yang lebih meriah dan besar lagi. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman dan pihak-pihak yang telah mensupport event ini,” ucapnya. (kominfo kepri)

Diberdayakan oleh Blogger.