Header Ads

Piala AFF 2020: WADA Tegaskan Tidak Ada Larangan Atribut Merah Putih di Jersey Timnas Indonesia

 

sinarkepri.co.id. Jakarta - Ketua Gugus Tugas, ex-officio Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari menuturkan, WADA tidak melarang penggunaan atribut Merah Putih pada jersey Timnas Indonesia. Sanksi terhadap Rusia dan Indonesia sejatinya berbeda, sehingga larangannya pun berbeda.

Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, sebelumnya menanyakan detail aturan penggunaan bendera Merah Putih kepada Sekretaris Jenderal WADA, Olivier Niggli, dan Direktur Regional Anti-Doping Eropa dan Relasi Federasi Internasional Sébastien Gillot dalam pertemuan Rabu (08/12/2021) malam WIB.

"NOC Indonesia bertanya langsung karena banyak yang mengira sanksi Indonesia sama seperti sanksi Rusia. WADA menegaskan sanksinya berbeda. Tidak ada larangan bagi Indonesia untuk menggunakan atribut bendera Merah Putih di seragam atau jersey pemain. Jadi saya kira ini sudah jelas," kata Okto, Jumat (10/12/2021).

Adapun saat ini Okto dan tim Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) melakukan kunjungan ke kantor pusat WADA di Lausanne, Swiss. Selain memberikan laporan progres Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI), mereka juga meminta WADA menginformasikan aturan penggunaan bendera Merah Putih ke seluruh Federasi Internasional (IF) selama sanksi terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI).

Ferry Kono berharap, tidak ada misinterpretasi atas sanksi tersebut yang membuat tuan rumah penyelenggara event olahraga terkait penggunaan bendera maupun atribut merah putih. "Respons WADA sangat positif karena mereka concern dan akan menginformasikan kepada seluruh signatories," kata Ferry. (Bola.com)

Diberdayakan oleh Blogger.