Header Ads

Wings Air Mulai 4 April 2021 Terbang ke KAO dari MANADO Penerbangan Berjadwal yang Melayani Setingkat Kecamatan di Maluku Utara

 “Penawaran Spesial mulai dari Rp 716.900 untuk Jelajahi Indonesia Timur bagian Utara”


Keterangan pendukung: Wings Air tipe pesawat ATR 72-600 di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado (MDC). Foto oleh: Farid Almadjid Samu.

MANADO–30 Maret 2021. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group mengumumkan akan melayani penerbangan penumpang berjadwal domestik rute Manado melalui Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Mapanget, Sulawesi Utara (MDC) tujuan Kao melalui Bandar Udara Kuabang, Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara (KAZ).   Kao ialah salah satu kecamatan tertua yang berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara. Kabupaten ini terletak di Provinsi Maluku Utara dengan ibukota Tobelo. Kao merupakan pintu masuk utama jalur transportasi udara di Halmahera Utara melalui Bandar Udara Kuabang. Kini, Kuabang memiliki gedung terminal baru yang telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Rabu, 24 Maret 2021.  Penerbangan Wings Air Manado – Kao – Manado dijadwalkan beroperasi pada 4 April 2021. Untuk tahap awal memiliki 2 (dua) frekuensi terbang dalam seminggu, yakni setiap Kamis dan Minggu pergi pulang (PP). 

Wings Air menawarkan harga terbaik sekali jalan (one way), Manado ke Kao mulai dari Rp Rp 756.900 dengan nomor terbang IW-1176, jadwal keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi pukul 08.30 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan akan tiba di Bandar Udara Kuabang pada 10.40 WIT (Waktu Indonesia Timur, GMT+ 09). Di hari yang sama, Wings Air penerbangan IW-1179 akan lepas landas dari Bandar Udara Kuabang pukul 11.10 WIT dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi pada 11.20 WITA. Untuk rute ini, Wings Air menyediakan tarif tiket spesial mulai dari Rp 716.900 satu kali jalan. 

Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dari pemerintah daerah, regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, karyawan dan awak pesawat serta berbagai pihak terkait lainnya dalam mendukung operasional sehingga penerbangan berjadwal mendatang Manado – Kao – Manado dapat terlaksana dan berjalan lancar. Pengoperasian penerbangan diharapkan bisa menjawab permintaan pasar jasa transportasi udara di kedua kota, akan semakin meningkatkan minat orang untuk bepergian menggunakan pesawat udara untuk penerbangan langsung (point to point) Sulawesi Utara dan Kepulauan Maluku Utara.  

Harapan utama mampu menciptakan konektivitas semakin terbuka wilayah Indonesia Timur bagian Utara sejalan upaya membantu dan berkontribusi positif dalam perkembangan daerah guna mendukung percepatan pemulihan perekonomian. Wilayah kepulauan Halmahera berada di jalur strategis di tepi utara Semenanjung Halmahera dan berbatasan langsung Samudera Pasifik. Tak heran, bila objek wisata paling popular ialah bahari, sejarah dan alam (pegunungan). Selain itu, Halmahera Utara sangat dikenal sebagai gerbang niaga (perdagangan) nasional dan internasional.

Terbang ATR 72: Aman dan Menyenangkan

Rencana rute Manado – Kao – Manado sebagai bagian meyakinkan bahwa “terbang itu aman”, karena pelaksanaan penerbangan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan serta mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan (safety first).  Wings Air memaksimalkan berbagai langkah selama masa waspada pandemi antara lain mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang.

Hal tersebut akan meminimalisir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.  Sejalan upaya memberikan pengalaman terbaik penumpang ketika terbang, Wings Air sudah  mempersiapkan armada jenis baling-baling (propeller) tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600, berkapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi dengan tata letak 2-2.

ATR 72 merupakan pesawat berteknologi canggih dengan tingkat kenyamanan lebih terasa karena interior kabin dirancang lebih futuristik, sehingga penumpang dapat bersantai ketika di kabin sembari menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan luar karena pesawat mampu terbang rendah. Selain itu, penumpang juga bisa bekerja saat penerbangan.  Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) sesuai proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation).

Volume udara kurang lebih 95 meter kubik di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit dengan mengandalkan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segarUntuk menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat). (danang m,andala prihantoro)











Diberdayakan oleh Blogger.