Header Ads

Subur Salim Pemenang TTG Unggulan Kepri 2016


Sarat dengan Inovasi 
Juga Ahli Kompor Gas dan Peralatan Elektronik Dapur dan Hotel




Sinarkepri.co.id.Batam- Subur Salim lebih dikenal dengan Ahong, juara pertama pegelaran Tehnologi Tepat Guna (TTG) tingkat provinsi Kepri 2016, Subur Salim, semakin mengembangkan inovasinya terutama yang berhubungan dengan peralatan elektronik  masak memasak (dapur) ternyata berhasil.  Sejumlah hasil inovasinya, bahkan sudah banyak digunakan beberapa hotel di kota Batam.  Beberapa hasil inovasinya seperti, tahun 2016 lalu Subur Salim menciptakan lampu pemanas yang disebut dengan Chafing Dish, sehingga membuatnya berhasil menyabet juara pertama untuk kategori umum yang merupakan TTG unggulan.
      Ditemui beberapa waktu lalu di kediamannya, Subur Salim terlihat  mengukur dan memotong pipa berbentuk segi empat dan kemudian menempelkan baut.   Namun hasil inovasinya seperti Chafing Dish ini, sudah banyak menggunakannya di beberapa hotel Batam.  Manfaat  besar dari Chafing  Dish  yang Subur Salim adalah mengurangi zat beracun atau zat berbahaya (toksin) dalam pemanasan makanan seperti di hotel selama ini. Ia menyebut, selama ini, beberapa hotel  umumnya untuk pemanas makanan masih memaki alat Parapin yang toksinnya tidak bisa dihilangkan.  Parapin yang dipakai, tidak bisa menjamin bebas dari  toksin disebabkan temperature alat pemanas tersebut  temperaturnya hanya berkisar antara 600 sampai 700 derajat Celsius tidak sampai 1000 derajat,' terangnya.   Padahal diketahui, hanya temperatur 1000 derajat Celsius yang bisa membunuh atau menghilangkan toksin.  Hal ini mungkin karena pemilik hotel belum mengetahui keberadaan alat pemanas baru bernama Chafing Dish yang ditemukan Subur Salim.
         Sebagai perbandingan pemanas Parapin dengan Chafing Dish dapat disebut, banyak kelebihan pemanas Chafing Dis. Lampu pemanas Cahfing Dish dapat mengusir lalat dan menimbulkan cahaya Oranye yang pastinya belum ada di penghangat makanan lainnya, termasuk Parapin.  Untuk nilai  ekonomis lampu pemanas Chafing Dish dibandingkan dengan Parapin juga sangat signifikan yang panasnya seperti dijelaskan diatas sampai 1000 derajat Celsius sehingga minim atau tidak menimbulkan toksin (zat beracun) dan bisa membunuh toksin. Subur Salim juga ahli dalam  servis alat-alat  dapur.  Seperti servis,  laundry, dan peralatan masyarakat  sehari-hari yang dipakai maupun di hotel-hotel. Dan dapat dilihat dari brosur atau kartu namanya berbagi alat yang diservinya yang dipakai masyarakat dan hotel seharihari. (arifin)


































Diberdayakan oleh Blogger.