Kemudahan Layanan Rapid Test Covid-19 Lion Air Group
“Perdana
di NTB, Hadir di BIMA”
Sinarkepri.co.id.BIMA, 17Juli 2020. Lion
Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik
Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menyampaikan
bahwa sudah menyediakan fasilitas layanan pelaksanaan uji kesehatan skrining
awal dan cepat (Rapid Test Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)), mulai Jumat (17/ 07) di Bima yang terletak di Pulau
Sumbawa bagian timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Lion
Air Group bekerjasama fasilitas kesehatan setempat sebagai penyediaan layanan Rapid
Test Covid-19, yang berlokasi strategis, dapat ditempuh kira-kira 15 menit
berkendara menuju Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin (BMU). Penumpang
dapat melakukan uji kesehatan Rapid Covid-19 di:
Laboratorium dan Klinik Mitra Medica
Jalan Soekarno-Hatta No.12 Depan Paruga Na'e Covention Hall,
Monggonao, Mpunda,, Monggonao, Mpunda, Bima, Nusa Tenggara Barat 84111 . Waktu
pelayanan: setiap hari pukul 08.00 – 20.00 WITA
Ketentuan
pelaksanaan Rapid Test Covid-19, sebagai berikut:
1. Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion
Air Group,
2. Voucher Rapid
Test Covid-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian
tiket (issued ticket),
3. Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air
Group dan belum melaksanakan Rapid Test Covid-19, maka dapat membeli voucher
Rapid Test Covid-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code)
melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion
Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.
Penyelenggaraan
Rapid Test Covid-19 sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air
Group, terjangkau dengan masa berlaku selama 14 hari. Setiap penumpang
akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan Rapid sebagai salah
satu kelengkapan dokumen penerbangan sesuai ketentuan. Layanan ini pertama dilakukan di Pulau
Sumbawa, NTB, selanjutnya akan terus diperluas lagi. Dengan demikian, penumpang
akan mendapatkan nilai lebih, efektif dan efisien dengan kehadiran tempat atau
lokasi layanan kerjasama Lion Air Group untuk Rapid Test Covid-19.
Pelaksanaan ini tetap berjalan sebagaimana ketentuan protokol kesehatan.
Lion Air Group bersama Laboratorium dan
Klinik Mitra Medica bertujuan guna menyediakan kemudahan bagi penumpang dalam
mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan
bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara
Sultan Muhammad Salahuddin dan bandar udara sekitar. Saat ini, tersedianya jadwal penerbangan
domestik Wings Air rute dari Bima tujuan Denpasar, Lombok dan Makassar, yang
menawarkan penumpang dapat saling terhubung dengan Lion Air Group ke Surabaya,
Yogyakarta, Semarang, Solo, Jakarta, Pontianak, Balikpapan, Palangkaraya,
Banjarmasin, Palu, Kendari, Luwuk, Tarakan, Manado, Gorontalo, Ternate, Ambon,
Kupang, Sorong, Jayapura dan destinasi-destinasi lainnya.
. Harapan terbesar kegiatan dimaksud akan
mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara, mendorong tren
permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air Group dalam
mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur
keselamatan, keamanan penerbangan. Pengembangan
ini merupakan kelanjutan kerjasama dengan Klinik Lion Air Medika, Dompet Dhuafa
Republika dan fasilitas kesehatan setempat. Periode hingga (17/ 07) tersedia
48 jaringan yang menjangkau di Banda Aceh, Medan, Gunung Sitoli, Padang,
Pekanbaru, Batam, Bengkulu, Palembang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta,
Bogor, Cikarang, Bandung, Ciamis, Kendal, Semarang, Bantul, Sleman,
Boyolali-Solo, Sidoarjo-Surabaya, Denpasar, Kupang, Maros, Makassar, Kendari,
Manado, Banjarmasin dan Bima. Layanan Rapid Test Covid-19
akan terus dilanjutkan dan dikembangkan di kota-kota dan bandar udara-bandar
udara lain. Optimis, akan terus menjangkau di seluruh wilayah Indonesia.
Pembelian
tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara dapat diperoleh
melalui:
1. Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing
Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia;
3. Aplikasi perangkat smartphone (mobile apps) Lion Air
dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi
tersebut);
4. Call center 021-6379
8000 dan 0804-177-8899;
5. Mitra agen perjalanan (tour travel) dan online
travel agent (OTA).
Lion
Air Group menyediakan fasilitas Rapid Test Covid-19 berdasarkan
rekomendasi yang diberikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Surat
Menteri Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI Nomor AJ.001/1/12 PHB 2020
tentang Peningkatan Pelayanan Perjalanan Orang.
Lion Air Group tetap
menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi
Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen Lion
Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan,
keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first). (danang
mandala prihantoro)
Editor: Budiyanto