Batik Air Mendukung Kelancaran Layanan dan Distribusi Kargo
Sinarkepri.co.id.TANGERANG – 20 April 2020. Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan
keterangan bahwa dalam rangka mendukung kelancaran distribusi barang dan penanganan
kargo terutama obat-obatan telah melayani penerbangan sewa tertentu (charter)
dari Bandar Udara Internasional Xiaoshan Hangzhou, provinsi Zhejiang,
Republik Rakyat Tiongkok (HGH) menuju Indonesia melalui Bandar Udara
Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK).
Batik Air penerbangan ID-8622 mengudara dari Soekarno-Hatta pukul 15.00 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan telah tiba di Hangzhau pukul 22.35 waktu setempat (China Standard Time, GMT+ 08). Penerbangan kembali dari Hangzhou nomor ID-8623 pukul 00.35 waktu setempat dan mendarat di Soekarno-Hatta pada 06.10 waktu setempat.
Batik
Air mengoperasikan pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUK. Penerbangan ini
membawa 17 awak pesawat serta total 1.293 box dengan berat 8.569 kg
obat-obatan. Seluruh kargo telah menjalani pemeriksaan, pengawasan ketat dan
dikemas menurut standar yang berlaku. Batik
Air dalam penerbangan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah sejalan
kelancaran distribusi kargo, membantu misi kemanusiaan di tengah pandemik wabah
corona virus disease (covid-19).
Pada
kesempatan ini, Batik Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan
pemerintah, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, profesional
awak pesawat, serta dukungan dari berbagai pihak, sehingga penerbangan dapat
berjalan lancar. Penerbangan
dioperasikan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan tetap
mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan (safety first).
Batik
Air tetap melakukan penyemperotan cairan khusus (disinfektan) pada seluruh
kemasan kargo yang diangkut, meliputi sebelum masuk dalam pesaat (loading)
dan setelah dikeluarkan dari pesawat (unloading). Dalam optimalisasi pengangkutan kargo
tersebut, Batik Air maksimalkan tingkat keterisian pada ruang penyimpanan
bagian bawah (cargo compartment) dan tempat bagasi dalam kabin serta
ruang kabin dengan kargo yang diperbolehkan diangkut/ muat di kabin pesawat
atau general cargo.
Batik Air menyampaikan, bahwa operasional ini
sesuai surat edaran dari regulator yaitu Kementerian Perhubungan SE No. 17
Tahun 2020, yang memperbolehkan pesawat kategori layanan penumpang dapat
mengangkut kargo pada kabin pesawat tanpa membawa membawa tamu (penumpang). Untuk
operasional penerbangan, sterilisasi dan kebersihan pesawat terus dilakukan
serta ditingkatkan. Proses pembersihan pesawat meliputi aircraft
interior exterior cleaning (AIEC), terdiri dari Aircraft Interior Cleaning
(membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning
(membersihkan bagian luar pesawat).
Pengerjaan menyeluruh bagian pesawat,
antara lain badan pesawat (fuselage) eksterior, ruang kemudi (cokpit),
dapur (galley), bagasi kabin (compartement), dinding kabin, kursi
awak pesawat dan penumpang, penggantian penutup sandaran kepala (head cover)
di kursi, area kargo (bagian bawah pesawat), pintu dan jendela pesawat, karpet
antai kabin, serta tangga menuju pesawat dan lainnya. Awak pesawat yang bertugas telah dilengkapi dengan
masker, cairan pembersih kuman pada tangan (hand sanitizer) serta alat
pelindung diri (APD) sesuai protokol kesehatan.
Batik Air tetap melakukan pengecekan kesehatan sebelum terbang kepada pilot, awak kabin dan teknisi yang bertugas. Pemeriksaan kesehatan sebelum penerbangan (pre-flight health check) sangat penting untuk menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight), agar keselamatan dan keamanan elama dalam penerbangan terjamin. Awak pesawat menjalani 14 hari karantina sesuai protokol kesehatan yang difasilitasi oleh Lion Air Group.(danang mandala prihantoro)
Editor: Budiyanto