Header Ads

Informasi Perjalanan Udara Mulai 29 Maret 2020


Seluruh Layanan Batik Air dan Lion Air Resmi Beroperasi di Bandar Udara Internasional YOGYAKARTA KULONPROGO
Keterangan pendukung: Batik Air pesawat Airbus 320-200 beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA). Foto oleh Theodorus Aji Baru @th_aji_baruno.

Sinarkepri.co.id.KULONPROGO – 29 Maret 2020. Batik Air (kode penerbangan ID) dan Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini bahwa untuk seluruh layanan penerbangan domestik mulai hari ini resmi beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA).   Operasional ini merupakan perpindahan keseluruhan penerbangan Lion Air dan Batik Air dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG). Lion Air Group menyatakan seluruh operasional dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP), yang mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan (safety first) penerbangan.

      Peresmian perpindahan ditandai pendaratan perdana Lion Air penerbangan JT-544 pukul 06.00 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat/ WIB, GMT+ 07), pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LKO berangkat tepat waktu pada 04.51 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).  Untuk keberangkatan pertama, Batik Air bernomor ID-6692 mengudara pada 06.00 WIB dengan Airbus 320-200, tujuan Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda (AAP).

       Batik Air memunyai 24 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di Yogyakarta Kulonprogo, melayani empat kota tujuan domestik, sebagai berikut:

·         Jakarta – Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP).
·         Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK),
·         Samarinda – Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Kalimantan Timur (AAP),
·         Palangkaraya – Bandar Udara Tjilik Riwut, Pahandut, Kalimantan Tengah (PKY).

Lion Air memiliki 46 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di Yogyakarta Kulonprogo, melayani 14 kota tujuan domestik, yakni:
·         Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO),
·         Padang – Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat (PDG),
·         Pekanbaru – Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Riau (PKU),
·         Batam – Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Kepulauan Riau (BTH),
·         Palembang – Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Sumatera Selatan (PLM),
·         Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK),
·         Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ),
·         Balikpapan – Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN),
·         Samarinda – Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Kalimantan Timur (AAP),
·         Pontianak – Bandar Udara Internasional Supadio, Kubu Raya, Kalimantan Barat (PNK),
·         Tarakan – Bandar Udara Internasional Juwata, Kalimantan Utara (TRK),
·         Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG),
·         Denpasar – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS),
·         Mataram – Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok Praya, NTB (LOP).
        Ketersidaan jaringan dan waktu keberangkatan serta kedatangan oleh Lion Air dan Batik Air di YIA diharapkan dapat menjadi pilihan tepat dalam bepergian yang semakin melengkapi perjalanan udara tujuan Yogyakarta secara langsung (non-stop) maupun penerbangan lanjutan (connecting flight).  Untuk fasilitas di Bandar Udara YIA, terminal keberangkatan domestik Batik Air berada di Island B, meja pelaporan (counter check-in) nomor B25-B32. Untuk Lion Air keberangkatan domestik di Island C, counter check-in nomor C9-C16. Layanan pelanggan (customer services) sampai saat ini terdapat atau tersedia di masing-masing Island.
     Ruang tunggu (boarding gate/ waiting room) berada di lantai 3, yang akan terbagi menggunakan jalur penghubung (aviobridge atau garbarata) dan menggunakan bus (neoplane). Sebagai informasi, Batik Air dan Lion Air mulai beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo pada 2019 dengan penerbangan perdana dan rute yang dilayani terdiri dari:

Maskapai
Rute
Terbang Perdana
Batik Air
Soekarno-Hatta – Yogyakarta Kulonprogo
25 Mei 2019
Batik Air
Yoyakarta Kulonprogo – Palangkararya
25 Mei 2019
Batik Air
Palangkaraya – Yogyakarta Kulonprogo
25 Mei 2019
Batik Air
Yogyakarta Kulonprogo – Soekarno-Hatta
26 Mei 2019
Batik Air
Yogyakarta Kulonprogo – Samarinda
1 Juni 2019
Batik Air
Samarinda – Yogyakarta Kulonprogo
1 Juni 2019
Lion Air
Makassar – Yogyakarta Kulonprogo
24 Juli 2019
Lion Air
Yogyakarta Kulonprogo – Makassar
24 Juli 2019
Lion Air
Medan Kualanamu – Yogyakarta Kulonprogo
25 September 2019
Lion Air
Yogyakarta Kulonprogo – Medan Kualanamu
25 September 2019
Lion Air
Tarakan – Yogyakarta Kulonprogo
25 September 2019
Lion Air
Yogyakarta Kulonprogo – Pontianak
25 September 2019
Lion Air
Pontianak – Yogyakarta Kulonprogo
25 September 2019
Lion Air
Yogyakarta Kulonprogo – Tarakan
25 September 2019
18 Tahun Beroperasi di Bandar Udara Internasional Adisutjipto
Lion Air Group mengucapkan terima kasih atas kerjasama, kolabari dan sinergi antara Lion Air Group, pengelola bandar udara (PT Angkasa Pura I), pengatur lalu lintas udara (AirNav Indonesia) dan semua pihak terkait atas pengoperasional penerbangan selama ini. Di Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Lion Air beroperasi sejak November 2002, sedang Batik Air pada Maret 2014.
      Lion Air Group juga menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh tamu atau penumpang (pelanggan setia), pemerintah setempat, PT Angkasa Pura I dan seluruh pihak atas beroperasinya secara penuh Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo.  Perpindahan operasional di Yogyakarta Kulonprogo menandai YIA sebagai bandar udara kedua di Yogyakarta dan bandar udara kelima di kawasan Jogja Solo Semarang (Joglosemar) yang dilayani Lion Air Group untuk penerbangan sipil komersial.
      Dalam kaitan perpindahan di YIA, guna memberikan kenyamanan dan menambah pengalaman terbang, Lion Air tetap mengoperasikan Boeing 737-800 Next Generation (NG) bekapasitas 189 kelas ekonomi dan Boeing 737-900ER dengan 215 kursi kelas ekonomi. Armada generasi modern Lion Air sudah dilengkapi interior kabin terbaru.   Beberapa pesawat sudah terpasang Lion Entertainment, fasilitas Lion Air dalam menyediakan hiburan (inflight entertainment) ketika melakukan penerbangan guna memberikan pengalaman terbang semakin menyenangkan. Konten yang disediakan dalam W-IFE dari AirFi Indonesia sangat beragam dan menarik, antara lain film-film (Hollywood, Bollywood, Korea, Mandarin, Indonesia), video untuk anak-anak, majalah, permainan, percakapan pesan singkat dalam kabin (chat onboard) serta fitur unggulan yang lain.
        Batik Air memberikan pengalaman terbaik setiap tamu berkesan selama penerbangan dengan salah satu armada terbaru Airbus 320-200CEO atau Airbus 320-200NEO menawarkan berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi, Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi), Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi). Seluruh armada dilengkapi inflight entertainment (audio video on demand) di setiap kursi, jarak antarkursi (seat pitch) lega, serta sajian makanan (inflight meals).
Himbauan Perjalanan
       Setiap tamu atau penumpang agar membawa dokumen dan tiket perjalanan (itinerary) yang sesuai. Lion Air Group menghimbau untuk melapor (check-in) lebih awal 120 menit sebelum jadwal keberangkatan di bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang ketika check-in. Counter check-in Lion Air Group akan ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan domestik.  Dalam mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal, khusus layanan Lion Air jika akan membawa bagasi maka dapat membeli sesuai kebutuhan. Demikian juga, apabila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membeli bagasi.
         Pelanggan yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), website www.lionair.co.id ; www.lionairthai.com dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pelanggan dapat membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.   Ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) sesuai ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.(Danang Mandala Prihantoro)  
Editor: Budiyanto
  
Jaringan Lion Air Group di Yogyakarta Kulonprogo (YIA)
Rute Batik Air
Frekuensi Terbang
Yogyakarta Kulonprogo  – Soekarno-Hatta, Tangerang
4 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo  – Palangkaraya
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo  – Samarinda
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Jakarta Halim Perdanakusuma
5 kali per hari


Rute Lion Air

Yogyakarta Kulonprogo – Medan Kualanamu
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Pekanbaru
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Padang
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Batam
2 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Palembang
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Pontianak
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Banjarmasin
2 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Balikpapan
3 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Samarinda
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Tarakan
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Denpasar
2 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Mataram Lombok Praya
1 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Makassar
2 kali per hari
Yogyakarta Kulonprogo – Soekarno-Hatta, Tangerang
4 kali per hari

=========================================
 
Penjelasan Lion Air Group Mengenai Perkembangan Informasi Kecelakaan Pesawat di Manila


sinarkepri.co.id.JAKARTA 29 Maret 2020. Lion Air Group memberikan klarifikasi dan penjelasan sehubungan dengan perkembangan informasi mengenai kecelakaan sebuah penerbangan di Manila, Filipina. Lion Air Group menegaskan dalam menanggapi hal tersebut, bahwa:

1.       Lion Air Group sampai saat ini tidak beroperasi baik secara berjadwal atau sewa tertentu (charter) di Filipina.
2.       Lion Air Group tidak memiliki perusahaan penerbangan di Filipina.

Lion Air Group mengoperasikan perusahaan penerbangan untuk layanan penumpang berjadwal, yang terdiri dari:
1.       Lion Air (kode penerbangan JT) berbasis di Indonesia
2.       Wings Air (kode penerbangan IW) berbasis di Indonesia
3.       Batik Air (kode penerbangan ID) berbasis di Indonesia
4.       Malindo Air (kode penerbangan OD) berbasis di Malaysia
5.       Thai Lion Air (kode penerbangan SL) berbasis di Thailand

Lion Air Group dalam beroperasi, tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional, regulator dan ketentuan perusahaan dalam menjalankan operasional sesuai dengan standar operasional prosedur yang memenuhi persyaratan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first).(danang mandala prihantoro)







Diberdayakan oleh Blogger.