Penerbangan Perdana “Premium Services Airlines” Umroh
Batik Air Memberikan
Pilihan Berkualitas Surabaya – Madinah
Keterangan
pendukung (kiri – kanan) Chief
Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie dan Presiden Direktur
Dream Group, Muhammad Umar Bakadam.
Sinarkepri.co.id.SIDOARJO
– 17 Desember 2019. Batik
Air (kode penerbangan ID) member
of Lion Air Group hari ini meresmikan penerbangan pertama umrah periode
1440 hijriah atau 2019-2020 dengan rute Surabaya melalui Bandar Udara
Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) tujuan Madinah – Bandar
Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED). Pelaksanaan
terbang perdana diresmikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Batik Air,
Capt. Achmad Luthfie, Presiden Direktur Dream Group, Muhammad Umar Bakadam
beserta mitra terkait.
Batik Air memfasilitasi para tamu sebagai
jamaah pertama dengan terbang nyaman menggunakan pesawat berbadan lebar (wide
body) Airbus 330-300CEO. Batik Air bernomor ID-226 mengudara tepat waktu
(on time) pukul 09.30 Waktu Indonesia Barat (WIB, GMT+ 7) membawa 372 tamu dan
13 awak pesawat. Layanan ini tanpa henti
(non-stop) dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran
Mohammad bin Abdul Aziz pada 16.30 waktu setempat (Time in Medina Saudi
Arabia, GMT+ 3).
Chief Executive Officer Batik
Air, Capt. Achmad Luthfie mengungkapkan, “Batik Air dengan bangga
memperkenalkan layanan baru khusus mengakomodir penerbangan berkualitas menuju
Saudi Arabia. Pelaksanaan umroh menawarkan program sembilan hari dan 13 hari,
sebagai bentuk kesungguhan Batik Air guna memenuhi kebutuhan perjalanan ibadah
bagi setiap jamaah yang berasal dari Jawa Timur dan sekitar. Batik Air
memproyeksikan, permintaan untuk pasar ini akan terus meningkat.” Batik Air telah memenuhi dan
mengimplementasikan ketentuan operasional berdasarkan masing-masing negara
serta aturan internasional. Penerbangan tujuan Jeddah dan Madinah ini terlaksana
setelah Batik Air memenuhi semua kualifikasi atau persyaratan audit keselamatan
dan keamanan. dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan otoritas
penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA).
Capt. Achmad Luthfie mengatakan,
“Atas nama Batik Air kami mengucapkan selamat menjalankan umroh kepada tamu
jamaah pertama, semoga berjalan lancar dan baik. Pada kesempatan ini, Batik Air
berterima kasih kepada regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas
udara serta berbagai pihak. Batik Air bekerjasama bersama Dream Tour sebagai
mitra perjalanan (tour and travel) dalam General Sales Agent
(GSA).” Presiden Direktur Dream
Group, Muhammad Umar Bakadam menyatakan, “Dream Tour sangat senang
meluncurkan umroh premium services dengan Batik Air perdana dari
Surabaya. Hal ini menunjukkan kemitraan Dream Tour bersama Lion Air Group dalam
mengakomodir permintaan pasar perjalanan religi muslim.”
Tahun ini Dream Tour mencatatkan sejarah
penting perusahaan dengan mengembangkan bisnis melalui kerjasama Batik Air
dalam menyediakan pilihan baru perjalanan umroh yang menawarkan premium
services airlines. Batik Air dan
Dream Tour menawarkan layanan mencakup bagasi, makanan di dalam pesawat (inflight
meals) tersedia dalam kelas bisnis dan ekonomi, hiburan selama perjalanan (inflight
entertainment) terdiri majalah, musik religi, audio video pada
setiap kursi. Untuk kenyamanan tamu dari masing-masing kota asal, Batik Air
telah mempersiapkan awak kabin guna membantu kemudahan komunikasi dari bahasa.
Menurut Muhammad Umar Bakadam,
“Dream Tour sebagai travel umroh terbaik di Indonesia, selalu
mengutamakan beragam faktor layanan dan amanah dalam memberikan pelayanan prima
kepada seluruh jamaah yang hendak melakukan perjalanan spiritual umroh ke tanah
suci.” Pengoperasian Airbus 330-300CEO
dinilai tepat menjadi bagian pendukung model bisnis dan mencerminkan
kesungguhan dalam memperluas jaringan dengan tata letak kursi lorong ganda (double
aisle) terdiri dari 18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi. Batik Air dapat
meningkatkan jaringan bisnis penerbangan berkonsep premium services airlines
termasuk memperkuat jaringan di segmen jarak jauh (long haul).
Pada Desember 2019, setelah Surabaya, Batik
Air bersama Dream Tour membuka penerbangan ke Madinah – Bandar Udara
Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED) dan Jeddah –
Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz, Arab Saudi (JED), yaitu
1. Solo – Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo, Boyolali,
Jawa Tengah (SOC).
2. Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin,
Maros, Sulawesi, Selatan (UPG).
3. Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang,
Sumatera Utara (KNO).
Rencana strategis perusahaan jangka
berikutnya, juga akan menambah dari Banda Aceh – Bandar Udara Internasional
Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar (BTJ); Palembang – Bandar Udara Internasional
Sultan Mahmud Badaruddin II, Sumatera Selatan (PLM); Jakarta – Bandar Udara
Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK); Balikpapan – Bandar
Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur
(BPN) dan Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor di
Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ). Layanan
umroh 2019-2020, Batik Air menargetkan tingkat kinerja ketepatan waktu (on
time performance/ OTP) rata-rata 92%. Upaya tersebut sejalan memberikan
layanan istimewa kepada jamaah umroh sebagai tamu berdasarkan sistem
terstruktur dan komprehensif antara perawatan pesawat, operasional di bandar
udara serta keputusan cepat dan tepat.
Dalam operasional setiap penerbangan,
Batik Air selalu patuh dan menerapkan budaya keselamatan (safety culture).
Keseriusan inilah yang menegaskan Batik Air mengutamakan aspek keselamatan dan
keamanan penerbangan (safety first). Batik Air akan terus mengembangkan full-service
seiring memperkuat jaringan domestik dan internasional dengan tetap
mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan (safety first). Hingga kini Batik Air melayani lebih dari 45 destinasi
domestik dan internasional ke Singapura; Chennai, India; Perth, Australia serta
Guilin dan Kunming di Tiongkok, serta Taipei, frekuensi penerbangan mencapai
lebih dari 350 perhari.
Batik Air mencatatkan rata-rata OTP 92.63% dengan kekuatan
armada yang dioperasikan terdiri dari 44 Airbus 320-200CEO (12 kelas bisnis dan
144 kelas ekonomi), enam Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas
ekonomi), delapan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi),
serta satu Airbus 330-300 (18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi). (danang mandala prihantoro/arifin)
Jaringan
Penerbangan Lion Air Group di Surabaya (SUB)
Rute Lion Air
|
Frekuensi Terbang
|
Surabaya – Medan
Kualanamu
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Batam
|
3 kali per hari
|
Surabaya – Pekanbaru
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Padang
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Palembang
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Tanjung
Karang, Lampung
|
1 kali per hari
|
Surabaya –
Soekarno-Hatta, Tangerang
|
13 kali per hari
|
Surabaya – Majalengka
Kertajati
|
2 kali per hari
|
Surabaya – Pontianak
|
2 kali per hari
|
Surabaya –
Palangkaraya
|
2 kali per hari
|
Surabaya – Tarakan
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Balikpapan
|
8 kali per hari
|
Surabaya – Samrinda
|
3 kali per hari
|
Surabaya – Banjarmasin
|
7 kali per hari
|
Surabaya – Denpasar
|
4 kali per hari
|
Surabaya – Lombok
|
5 kali per hari
|
Surabaya – Kupang
|
4 kali per hari
|
Surabaya – Makassar
|
6 kali per hari
|
Surabaya – Manado
|
2 kali per hari
|
Surabaya – Kendari
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Ambon
|
1 kali per hari
|
Rute Batik Air
|
|
Surabaya –
Soekarno-Hatta, Tangerang
|
10 kali per hari
|
Surabaya – Jakarta
Halim Perdanakusuma
|
7 kali per hari
|
Surabaya – Makassar
|
2 kali per hari
|
Surabaya – Denpasar
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Sorong
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Labuan Bajo
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Madinah
|
1 kali per minggu
|
Rute Wings Air
|
|
Surabaya – Surakarta
(Solo)
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Yogyakarta
Adisutjipto
|
6 kali per hari
|
Surabaya – Sumenep
(Madura)
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Semarang
|
4 kali per hari
|
Surabaya – Banyuwangi
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Jember
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Pangkalan
Bun
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Sampit
|
1 kali per hari
|
Surabaya – Bandung
|
6 kali per hari
|
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penjelasan
Harga Jual Tiket Pesawat Udara Lion Air Group
JAKARTA
– 17 Desember 2019. Lion Air Group menyampaikan
keterangan mengenai penjualan tiket pesawat udara melalui website resmi
perusahaan dan agen perjalanan (online dan korporasi), akan menampilkan
detail penerbangan yang terdiri jadwal keberangkatan, nomor penerbangan, harga
jual tiket dan informasi lainnya. Apabila
kursi (seat) untuk penerbangan langsung N/A (not available atau
tidak tersedia) dan Sold Out (terjual habis), maka sistem pada mesin
akan mencari rute dengan menawarkan alternatif (opsi) agar pemesan atau calon
penumpang dapat sampai di tujuan. Dalam situasi ini, maka calon tamu atau
penumpang ditawarkan perjalanan udara melalui beberapa sektor (transit).
Penerbangan transit merupakan
layanan dari maskapai sendiri atau kombinasi (multiple flight) bersama
maskapai lain. Hal ini secara otomatis akan memunculkan harga jual total
tiket dari keseluruhan sektor yang harus dilalui. Jika calon penumpang
memutuskan untuk membeli dari sistem penawaran tersebut, maka jumlah
nominal sesuai yang tertera harus dibayar. Lion Air menginformasikan bahwa
nominal dimaksud (multiple flight) berbeda dari tarif tiket penerbangan
langsung yang berlaku. Untuk itu, Lion
Air Group meminta kepada seluruh
calon tamu atau calon penumpang dalam mempersiapkan rencana perjalanan agar
lebih awal, bijaksana, teliti dan cermat dalam memahami informasi ketika
melakukan proses pembelian tiket pesawat.
Penjelasan
Batik Air Rute Penerbangan Manokwari Tujuan
Makassar
Batik Air (kode
penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan
klarifikasi sehubungan perkembangan informasi tentang harga jual tiket pesawat
udara Batik Air rute Manokwari melalui Bandar Udara Rendani, Papua Barat (MKW) tujuan
Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi
Selatan (UPG) periode pengecekan Senin, 16 Desember 2019, bahwa:
1. Jumlah kursi (seat) penerbangan langsung tidak
tersedia atau sudah terjual habis. Sebagai keterangan, tarif batas atas
satu kali jalan (one way) untuk tarif maskapai (air fare) menurut
jarak Manokwari ke Makassar adalah Rp 2.042.000 pada kelas ekonomi
(belum termasuk PPn, Iuran wajib asuransi yang disingkat IWJR (Iuran Wajib Jasa
Raharja) dan Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax.
2. Tarif tiket pesawat yang muncul mencapai Rp 19.173.900 dan
Rp 20.447.200 adalah total keseluruhan perjalanan yang ditawarkan sebagai opsi
oleh mesin pencari dengan penerbangan multi sektor sampai tujuan akhir.
Batik
Air menyatakan harga jual tiket tersebut memiliki komposisi perjalanan udara
beberapa sektor (transit):
1. Penjelasan Rp 19.173.900 adalah layanan tiket kelas
bisnis yang terdiri rute dari Manokwari ke Bandar Udara Internasional
Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) dan lanjutan penerbangan ke tujuan akhir di
Makassar (satu kali transit).
2. Penjelasan Rp 20.447.200 adalah layanan tiket kelas
bisnis dengan rute Manokwari ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,
Tangerang (CGK) ke Bandar Udara internasional Juanda, Jawa Timur (SUB) kemudian
tujuan akhir di Makassar (dua kali transit).
Lion
Air Group berupaya dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, dengan
senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.
Lion Air Group menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan
standar prosedur operasi (SOP) perusahaan serta ketentuan internasional. (danang mandala prihantoro/arifin)