Header Ads

Dalam Rangka Pilgubsu 2018 KPU, PANWASLIH se Pulau Nias bersama Dandim 0213/Nias Tandatangani Fakta Integritas





GUNUNGSITOLI,INFO- Dandim 0213/Nias Letkol Inf.Y.Reymond RS.Purba, S.H.,M.Tr.(Han) ;menjelaskan, bila masyarakat menemukan prajurit yang tidak netral dapat melaporkannya kepada Carrefour Panwaslih dan prajurit tersebut akan menerima sanksi berat.”   Hal itu diketakan Dandim 0213/Nias di  di lapangan  upacara Kodim 0213/Nias Jln.Yosudarso Kota Gunungsitoli  Rabu (14/2)  2018 pagi  untuk  penandatanganan   fakta Integritas netralitas TNI dalam pilkada serentak 2018 di wilayah Kodim 0213 Nias.  

        Penandatanganan fakta  integritas  netralitas TNI  langsung dipimpin oleh  Dandim 0213/Nias Letkol Inf.Y.Reymond RS.Purba, S.H.,M.Tr.(Han) dan sebagai Komandan Upacara Pasi Intel,Kapten ARH.SAN Hutapea . Pada pelaksanaan  Acara penandatanganan fakta Integritas Netralitas TNI dihadiri oleh Walikota Gunungsitoli (diwakili oleh Sekda Kota Gunungsitoli) Ir.Agustinus Zega,  Danlanal nias diwakili oleh  mayor mar Ahmad Syahroni, Kapolres Nias.AKBP Erwin Sinaga SH
. PLH Kasdim 0213/Nias.Mayor Inf Gultom, Para Ketua KPUD se-pulau Nias., Para Ketua Panwaslih se- pulau Nias. Dansubden POM 1/2-5 Nias.Kapten CPM Tambunan,  dan para Perwira staf Kodim 0213/Nias.

Peserta penanda tanganan Pakta Integritas TNI oleh Danramil Jajaran Kodim 0213/Nias, Dan Unit Intel Kodim 0213/Nias.dan Bintara, tamtama serta PNS Kodim 0213/Nias Jumlah seluruhnya  200 orang.  Pelaksanaan Fakta Integritas Netralitas TNI sesuai dengan Dasar   a. Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI terkait dengan netralitas TNI.   b. Surat telegram Pangdam 1 Bukit Barisan nomor STR/101/2018 tanggal 25 Januari 2018 tentang penekanan ulang menjaga profesionalisme solidaritas dan netralitas TNI Angkatan Darat dalam menghadapi Pemilukada serentak tahun 2018.

                                  Adapun Fakta Integritas TNI sbb:

a. Akan melaksanakan netralitas TNI Dalam Pemilukada serentak tahun 2018:
1) mengamankan pelaksanaan Pemilukada sesuai tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.
2) Netral dengan tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon.
3) Tidak melibatkan diri dan penggunaan pangkalan dalam rangkaian kegiatan Pemilukada.
4) tidak menggunakan hak memilih dalam Pemilukada
b. Melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan satuan seperti dalam butir keempat buku saku netralitas TNI.
c. Melaksanakan pelarangan bagi prajurit di satuan saya selama proses Pemilukada sesuai tertera dalam butir kelima buku saku netralitas TNI.
d. Apabila saya melanggar ketentuan dalam surat pernyataan ini maka Saya bersedia dituntut sesuai hukum yang berlaku.

                               Sementara itu  amanat Dandim 0213/Nias Letkol Inf.Y.Reymond RS.Purba, S.H.,M.Tr.(Han) mengatakan bahwa   kegiatan kita adalah suatu wujud nyata tentang kepedulian kita terhadap maraknya isu isu yang mengarah kepada pelanggaran terhadap demokrasi Pancasila serta menunjukkan perhatian kita bahwa Kodim/ 0213 Nias adalah benar-benar Netral terhadap pelaksanaan Pilkada GUBSU.

Upacara penandatanganan Fakta integritas netralitas TNI  adalah merupakan tindak lanjut dari instruksi Panglima TNI saat apel Komandan satuan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta  pekan lalu.


Lebih lanjut Dandim         Letkol Inf.Y.Reymond RS.Purba, S.H.,M.Tr.(Han) mengatakan, Kodim 0213/Nias mempunyai wilayah teritorial 4(empat) kabupaten 1. Kabupaten Nias induk ; 2. Kabupaten Nias Selatan; 3. Kabupaten Nias Utara; 4. Kabupaten Nias Barat,”dan Satu kota madya gunung sitoli dan untuk menjaga  beberapa permasalahan yang kemungkinan timbul pada pelaksanaan Pilkada Gubsu   agar jangan terlibat dan cepat dilaporkan sesuai prosedur antara lain  :
1) Jual beli pencalonan antara kandidat dan partai politik
2) Kampanye hitam ( Black campaign)
3) Pengumpulan modal illegal (Jual beli izin usaha jual beli jabatan suap proyek) dan politisasi program pemerintah (Danah hibah, bantuan sosial, dana desa dan anggaran rawan lainnya untuk kampanye
4) Politisasi birokrasi dan pejabat negara mulai dari birokrat guru hingga institusi TNI/ Polri.
5) Politik uang (jual beli suara pemilih)
6) Manipulasi laporan Dana kampanye
7) daftar pemilih tetap yang tidak akurat.
8) Korupsi untuk pengumpulan modal jual beli perizinan jual beli jabatan hingga korupsi anggaran.



Dandim 0213/Nias Letkol Inf.Y.Reymond RS.Purba, S.H.,M.Tr.(Han) menekankan khusu  kepada Seluruh prajurit Kodim 0213 Nias agar tetap Netral harus berdiri diatas kepentingan rakyat yang lebih luas, harus siap membantu Kepolisian Republik Indonesia dan KPU dalam melaksanakan tugas-tugas Kamtibmas dalam menghadapi Pemilukada serentak tahun 2018, Harus bisa mencegah politik praktis politik uang dan hal-hal yang bisa mencederai demokrasi, bagi siapa saja yang menodai dan mencederai demokrasi akan ditindak tegas sesuai aturan dan hukum yang berlaku saya ingatkan kepada kita semua jangan main-main dengan aturan kalian tahu sanksinya dan jangan terpengaruh terhadap godaan dan iming-iming dari pada para calon.

“Jangan merusak Persaudaraan yang ada dan siapapun yang menang itulah pilihan rakyat, saya juga menghimbau agar tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi yang bisa merusak gelaran pemilihan Gubernur 2018 agar bisa berjalan dengan Aman damai dan kondusif. Bila masyarakat menemukan prajurit yang tidak netral dapat melaporkannya kepada Carrefour panwaslih dan prajurit tersebut akan menerima sanksi berat.”



Dandim 0213 Nias berharap kepada seluruh prajurit anggota TNI 
agar senantiasa melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab bekerja secara profesional dengan tetap memperhatikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di lingkungan sekitar kita berada.Seluruh anggota prajurit agar dapat memupuk semangat kebersamaan dengan sesama prajurit dan seluruh komponen masyarakat, selalu menjaga kekompakan dengan kepolisian serta instansi terkait hindari hal hal yang akan menjatuhkan derajat dan martabat kita selaku prajurit di lingkungan masyarakat serta jauhi segala hal yang akan dapat merusak Citra TNI dan satuan". 

Acara penandatanganan fakta Integritas Netralitas TNI dalam Pilkada GUBSU 2018 berjalan tertib dan aman.(charles sihombing)



Virus-free. www.avast.com
  • or



  • Diberdayakan oleh Blogger.